Windows 7 Segera Berakhir, Microsoft Dorong Upgrade Windows 10

24

MICROSOFT akan menghentikan pembaruan Windows 7 pada 14 Januari 2020. Dengan demikian, pengguna tidak akan mendapatkan upgrade software atau tambalan keamanan.

Dengan demikian, peretas dan malware akan rentan masuk pada perangkat keras pengguna dengan versi OS tersebut.

Bagi pengguna Windows 7, Microsoft mengimbau agar pengguna segera meningkatkan sistem operasi ke Windows 10. Ada beberapa alasan pengguna harus segera menggantinya, berikut ulasannya seperti dilansir dari laman The Windows Club, Senin (13/1/2020).

  1. Lebih Aman

Windows 10 diklaim dua kali lebih aman dibandingkan dengan Windows 7. Pengguna nantinya tidak hanya memiliki perangkat lunak Windows Security internal, tetapi juga dapat melindungi perangkat terhadap Ransomware menggunakan “Akses Folder Terkendali”.

Ini berarti bahwa file pengguna akan diamankan, dan tidak ada program tanpa akses yang dapat dimodifikasi.

  1. Windows 10 Dukung Perangkat Keras Lama

Sistem operasi Windows 10 kompatibel dengan perangkat lama yang mungkin telah dirilis 10 tahun lalu. Persyaratan perangkat keras untuk Windows 10 tidak terlalu tinggi dan peningkatan kecil seperti beralih ke SSD mungkin cukup membantu.

  1. Browser Aman dan Terbaru

Setelah Windows 7 dihentikan, maka browser seperti Chrome dan Firefox tidak dapat digunakan. Akan tetapi ketika pengguna meningkatkan ke Windows 10, pengguna tidak hanya mendapatkan fitur terbaru dari semua browser, tetapi juga mendapatkan Microsoft Edge, yang didasarkan pada Mesin Chromium seperti Google Chrome.

  1. Secure Office Suites

Microsoft berencana untuk terus memperbarui Office 365 hingga Januari 2023. Beberapa versi yang berdiri sendiri akan mendapatkan dukungan. Office 2010 akan mendapatkan dukungan hingga 13 Oktober 2020. Kemudian, Office 2013 mendapatkan dukungan hingga 2023.

Selain itu, dengan meningkatkan sistem operasi ke Windows 10 akan memastikan email, file, data lainnya aman.

  1. Tidak Ada Perubahan Versi Utama Setelah Windows 10

Cara Windows 10 mendapat pembaruan fitur sebanyak dua kali setahun. Microsoft menjauh dari memunculkan versi baru Windows setiap beberapa tahun.

Microsoft telah merilis versi baru Windows setiap tiga tahun sejak Windows 7. Namun, sudah hampir lima tahun sejak Windows 10 dirilis, Microsoft sekarang hanya meluncurkan pembaruan fitur.

Baca juga: Penjual CD “Restore” Windows Dihukum 15 Bulan Penjara

Ketika pengguna memutakhirkan ke Windows 10 sekarang, maka tidak hanya akan terus mendapatkan pembaruan baru secara gratis untuk waktu yang sangat lama. Namun, perangkat keras juga akan bertahan dibandingkan dengan pengalaman sebelumnya.

Selain itu, ada banyak fitur baru di Windows 10 dibandingkan dengan Windows 7. (C-003/ahl)***