Wisman Menurun Akibat Covid19, Disparbud Gerakkan Wisdom

6

Mewabahnya virus corona atau covid19, membuat tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, JABAR khususnya menurun. menyikapinya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik menyatakan, pihaknya berupaya menggerakkan wisatawan lokal atau domestik, diantaranya melalui penyelenggaraan berbagai festival.

Ditemui di RSHS Bandung beberapa waktu lalu, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Dedi Taufik memastikan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara turun akibat mewabahnya covid19. Mengatasi hal tersebut, pihaknya berupaya menggerakkan wisatawan lokal atau domestik.

Saat ini, virus covid19 telah menginfeksi setidaknya 25 Negara, beberapa diantaranya dekat dengan indonesia yaitu Singapura dan Malaysia. Sementara itu, berdasarkan data badan pusat statistik JABAR, wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang datang ke Jawa Barat selalu terbanyak setiap tahun. Setidaknya 9 ribu 2 ratus 30 wisatawan asal Malaysia dan 3 ribu 528 asal Singapura mengunjungi JABAR pada desember 2019. Diberlakukannya travel warning pada beberapa negara yang telah terinfeksi covid19, dipastikan akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke JABAR.

Budi Hartati, Bandung TV.