Yusril Dan TGB Santer Disebut Masuk Kabinet Gantikan Menteri Yang Dilengserkan

0

BISNIS BANDUNG – Usulan Presiden Joko Widodo terkait peleburan dan pembentukan kementerian yang disetujui oleh DPR. Runtutannya isu reshuffle kabinet terus menjadi perbincangan dalam sepekan terakhir ini.

Nama Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dan Muhammad Zainul Madji alias Tuan Guru Bajang (TGB) di antaranya dikabarkan bakal masuk ke jajaran kabinet Jokowi.

Mengomentari isu tersebut, pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta Ujang Komarudin mengatakan,  sangat bagus jika Yusril yang berpengalaman masuk ke dalam kabinet.

“Hal yang bagus jika Yusril masuk kabinet. Karena dia punya keahlian dan pernah jadi ketua team lawyernya Jokowi di Pilpres,” ujar Ujang,  Rabu (21/4/2021).

Belum lagi sederet pengalaman Yusril yang pernah menjabat di pemerintahan dan menjadi menteri.

Ujang menilai sosok Yusril dapat menggantikan posisi Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

“Bisa saja Kemenkumham. Cocoknya di sana,” ungkap Ujang.

Sementara untuk TGB, Ujang menyebut, bahwa yang bersangkutan memiliki pengalaman saat menjadi Gubernur NTB. TGB akan cocok jika menjadi Menteri Dalam Negeri. Hanya saja, posisi Menteri Dalam Negeri saat ini yakni Tito Karnavian terbilang kuat dan bukan kandidat menteri yang akan direshuffle.

 Ujang memprediksi jika TGB dan Yusril masuk ke dalam jajaran pembantu Jokowi, maka kabinet akan semakin diperkuat.

“Jadi kalau dua nama itu masuk ya sangat bagus dan akan memperkuat kabinet,” tambah Ujang.

Warisan yang baik

Sementara Founder Lembaga Survei KedaiKOPI itu juga berharap suara-suara opini masyarakat soal siapa sosok yang tepat mendampingi Jokowi di kabinet dapat didengar oleh Jokowi sendiri.

Dengan demikian, diharapkan agar  Presiden Jokowi dapat meninggalkan warisan atau legacy yang lebih baik saat lengser di 2024.

Baca Juga :   Ajang Penghargaan Gadget dan Teknologi

Sementara itu, Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan dua nama ini memiliki poin plus yakni dekat dengan Presiden Jokowi.

” Yusril dan TGB adalah dua nama yang sangat bagus, mumpuni dan profesional, dan satu lagi poin pentingnya mereka dekat dengan pak Jokowi,” ujar Hendri. (B-003) ***