Industri Kreatif Menuju Ekonomi Kreatif

167

PERKEMBANGAN industri kreatif di Jawa Barat saat ini sudah sangat pesat pertumbuhannya, tidak hanya di sektor fashion saja, namun industri kreatif di kota dan kabupaten ini sudah masuk ke sejumlah sektor produksi, salah satunya sektor kuliner dan kerajinan.

Dalam sebuah diskusi, Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat, Gatot Cahyono mengatakan, perkembangan industri kreatif di Jawa Barat sudah harus mulai diarahkan kepada ekonomi kreatif. “Industri kreatif saat ini sudah harus bisa menggeser ke ekonomi kreatif,” ucap Gatot, Fiki, dalam sebuah diskusi bersama wartawan di Jalan Anggrek 42 Bandung.

Menurut Gatot, untuk menuju ke arah itu, perlunya peran Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten dalam membuat perencanaan yang besar, mulai dari produksi hingga pemasaran.

“Kita harus mampu membuat perencanaan, mulai dari produksi hingga pemasaran. Dukungan inilah saya kira yang diperlukan dari pemerintah sehingga para pelaku industri kreatif ini bisa melaksanakan kegiatannya dengan lebih baik, dan ini harus,” katanya. (C-003)***