Persaingan Ketat Low MPV akan Dorong Target Penjualan

108

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakin ketatnya pasar penjualan mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) akan mendorong tercapainya target penjualan sebanyak 1,1 juta unit mobil dari semua merek pada tahun 2017.

Dalam keterangannya, Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan, potensi pasar di Indonesia sangat besar yang akan diikuti oleh pertumbuhan sejumlah merek yang bermain di pasar low MPV. Kalau lancar pertumbuhannya, pasar akan terus tumbuh. Targetnya akan naik sedikit sekira 1,1 juta unit atau 4 % lebih dari penjualan mobil tahun 2016 lalu yang mencapai sebanyak 1.060.000 unit.

Selain market yang membesar, konsumen juga diuntungkan dengan banyaknya pilihan mobil , produsen kendaraan juga semakin kompetitif dalam memasarkan produknya.

Gaikindo menyambut baik merek apapun datang ke pasar Indonesia. Sepanjang persaingan itu sehat. Karena yang diuntungkan adalah konsumen yang memiliki banyak pilihan.

Jongkie berpesan agar semua merek atau produsen mobil harus memperhatikan aftersales servis, sarana, dan purna jual. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga resale value dari mobil-mobil tersebut. Karena di Indonesia masih melekat asumsi kekhawatiran harga jualnya menjadi anjlok.

Persaingan pasar MPV

Persaingan pasar low MPV akan semakin ketat. Prediksi tersebut tak lepas dari kehadiran produsen otomotif yang telah mengumumkan produk terbarunya pada segmen ini.

Kedua produsen itu adalah Mitsubishi dengan Mitsubishi XM serta Wuling yang juga  merilis produk MPV, bulan lalu. Kedua model tersebut sudah dipersiapkan dengan matang oleh masing-masing pabrikan. Diprediksi sejak awal kedua model tersebut akan menjadi pesaing Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Mitsubishi misalnya, telah membangun pabrik dan terus menambah jaringan diler kendaraan penumpang di tanah air. Sementara Wuling, sudah menyiapkan dua line-up untuk mengisi persaingan di kelas mobil favorit masyarakat Indonesia ini.

  1. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya memperkenalkan sosok resmi low MPV (Multi Puprose Vehicle), XM Concept yang ramai diperbincangkan di media sosial bernama Mitsubishi Expander di Ball Room Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/7).

Perkenalan pesaing Toyota Avanza cs ini dilakukan langsung oleh prinsipal pabrikan berlambang tiga berlian, Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

MPV anyar Mitsubishi ini menggabungkan keunggulan SUV (Sport Utility Vehicle dan MPV). Sehingga mobil ini diklaim pabrikan memberikan ketangguhan dan kelapangan pada ruang kabin.

Mitsubishi Expander  dengan jargonnya “Next Generation MPV” ini dibesut dengan metode monozukuri. Sebuah sistem manufakturing Jepang yang unik untuk menghasilkan produk yang baik dengan mengedepankan proses ketelitian, kesungguhan dan terus menerus.

Mitsubishi Expander akan menggunakan mesin 1,5 liter  dan tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Kehadirannya Mitsubishi Expander membuat pabrikan berlambang tiga berlian itu lebih kuat di pasar kendaraan penumpang yang saat ini penjualannya masih didominasi SUV.  Mitsubishi Indonesia sendiri sudah menghitung, bahwa mereka mampu menjual 21.000 unit low MPV hingga April 2018 dan resmi akan di perkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada 10-20 Agustus 2017 mendatang. (E-002)***