Rakit Ponsel Lipat, Samsung Akan ‘Kejar’ Lenovo

93

PROTOTIPE perangkat terbaru Lenovo kini menarik perhatian para penggemar teknologi di berbagai negara untuk alasan yang bagus. Produsen tersebut telah mempermainkan ide display yang dapat dilipat.

Sekarang, Lenovo lebih menampilkan sejumlah produk konsep yang dapat dilipat menjadi berbagai faktor bentuk pada berbagai konvensi dalam beberapa bulan terakhir. Tak satu pun dari gad­get tersebut yang benar-benar dekat dan tersedia secara komersial.

Namun perusahaan teknologi China ini tampaknya membuat kemajuan pada beberapa dari mereka dengan cara apa pun. Sebelumnya, pada acara Lenovo Tech World pekan lalu, perusahaan memamerkan versi fungsional yakni Folio. Sebuah perangkat konsep yang pertama kali telah diluncurkan pada 2016 lalu.

Folio adalah tablet Android 7,8 inci dengan engsel di bagian tengahnya. Memungkinkan tubuhnya dapat dilipat menjadi perangkat bergaya ponsel pintar layar ganda 5,5 inci.

Pengguna Youtube Kim Poh Lia menampilkan sebuah video yang mengoperasikan perangkat tersebut. Anda dapat melihat bagaimana ikon aplikasi dan tombol aplikasi serta tombol navigasi beradaptasi dengan berbagai faktor bentuk dengan cepat.

Video itu juga menampilkan bagaimana salah satu layar berubah menjadi semacam jendela bidik saat Anda melipat perangkat dan membuka aplikasi kamera. Folio saat ini dioperasikan melalui Android 7.0 Nougat, menampilkan layar beresolusi 1.920 x 1.440 dan menggunakan chipset Snapdragon 800.

Folio mendukung eSIM, sehingga bisa melakukan panggilan. Chipset ini akan sangat cocok dengan perangkat besutan Lenovo itu.

Dengan penjualan tablet yang semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir, daya tarik perangkat yang bisa menjembatani jurang antara ponsel pintar dan tablet memang tak terbantahkan.

Meskipun tidak ada yang bisa langsung berhubungan dengan Folio di konferensi Tech World, banyak video yang telah muncul memamerkan perangkat tersebut beraksi.

Meski begitu, Lenovo harus menghadapi pertanyaan tentang kepraktisan perangkatnya itu. Memiliki ponsel pintar yang berfungsi ganda sebagai layar yang lebih besar untuk menonton film dan membaca sepertinya terdengar hebat.

Namun memerlukan komponen yang pas sebagai tantangan teknis, dan Folio terlihat cukup baik dalam hal ini. Lain hal, pesaingnya Samsung juga memproduksi display yang dilaporkan bekerja pada ponsel yang dapat dilipat sendiri. Demikian dinukil dari berbagai sumber, Kamis (27/7/2017). (C-003/bbs)***