Sektor Industri Kreatif Miliki Peran Penting

100

INDUSTRI kreatif khususnya bidang IT atau digital terus berkembang setiap tahunnya. Bahkan telah memberikan andil pada peningkatan PDRB nasional.

Faye Alund, President Coworking Indonesia di Bandung belum lama ini mengatakan perkembangan industri IT dan kreatif digital tidak lepas dari bermunculannya tempat untuk bekerja di raungan coworking.

“Sejak muncul pertama kali pada 2010, coworking space memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekosistem ekonomi digital dan ekonomi kreatif di Indonesia,” ujarnya di Bandung.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) perkembangan ekonomi kreatif Indonesia menunjukkan gambaran yang positif. Nilai tambah dari sektor ini sebesar Rp641,8 triliun rupiah atau tujuh persen dari PDB nasional serta menciptakan 11,8 juta lapangan kerja.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia juga menunjukkan grafik mengesankan. BPS kembali melansir jika sebanyak 8,6 juta orang telah melakukan transaksi secara online pada tahun 2016 lalu. Angka tersebut cenderung meningkat tiap tahunnya mengingat pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 132 juta jiwa.

Coworking space di Indonesia sendiri bertambah setiap tahunnya hingga tercatat ada sebanyak 106 titik yang tersebar di 23 kota besar Indonesia. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat setiap tahunnya seiring pertumbuhan ekonomi kreatif dan ekonomi digital yang terus dalam trend positif.

Jika potensi tersebut dapat dimaksimalkan dengan baik, maka Indonesia tidak hanya diprediksi dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri tapi juga di ranah Asia Tenggara bahkan hingga Asia. (C-003/bbs)***