Warna Mobil Pengaruhi Suhu Dalam Kabin Mobil

184

Apa warna mobil favorit Anda? Ternyata warna mobil ikut mempengaruhi suhu dalam kabin mobil tersebut. Dikutip dari BQ Magazine, warna mobil yang terang, suhu kabinnya akan lebih sejuk.

Sebuah penelitian menyebutkan jika mobil dengan warna  putih akan punya suhu 18 derajat lebih dingin, ketimbang warna hitam saat keduanya dijemur  dalam kondisi cuaca terik. Warna putih juga disebut lebih baik jika dibandingkan warna lainnya.

Warna putih mampu memantulkan panas matahari lebih baik, sehingga berdampak terhadap suhu kabin, dan proses pendinginan yang lebih cepat. Sedangkan warna hitam sebaliknya, mereka menyerap panas dan merambat hingga kabin.

Tentunya hal ini ikut mempengaruhi konsumsi bahan bakar karena pengaturan suhu pendingin kabin tak perlu terlalu dingin dan proses penyejukan kabin bisa lebih cepat.

Hal ini juga dibuktikan lewat pilihan warna mobil favorit berdasarkan wilayahnya. 25 % penduduk Amerika Latin memilih silver dan abu-abu sebagai favorit, dan Afrika 33 %. Putih mendominasi hingga 38 % di Timur Tengah dan 31 % di Asia.

Dari salah satu situs jual-beli mobil menyebutkan, ada 2,8 juta pembeli yang memilih mobil warna putih. Berdasarkan data tersebut, mereka menyebut Myanmar adalah negara yang fanatik warna putih dengan 42 % masyarakatnya memilih warna tersebut. (E-002)***