Mengatasi Jamur pada Kabin Interior

306

Dalam hal ini tidak sedikit pengguna dan pemiliki mobil yang sering melakukan aktifitas makan dan minum di dalam mobilnya. Makan dan minum dalam mobil tentu sudah menjadi hal yang biasa. Umumnya saat akan mengantar anak sekolah atau saat dalam perjalanan panjang kala liburan.

Salah satu keuntungan dari memiliki dan menggunakan mobil pribadi untuk beraktifitas memang kita dapat beraktifitas dengan bebas, makan dan minum dalam mobil . Hanya saja sisa makanan dan tumpahan dari minuman yang berserakan di kabin atau jok mobil sangat berpotensi untuk membuat jamur gampang berkembang biak. Apalagi jika ditambah dengan kondisi kabin yang cukup lembab dan memiliki kadar air cukup tinggi.

Penyebab kabin mobil menjadi lembab sendiri dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Yang paling utama ialah karena pemilik atau penumpang sering masuk ke dalam kabin mobil dengan kondisi basah, misalnya habis kehujanan.

Apalagi jika ditambah mobil kalian yang menggunakan karpet dasar yang memiliki bahan penyerap air. Tak heran jika kemudian karpet akan menyerap air yang ada pada alas kaki dengan cepat dan meningkatkan kadar air dalam kabin. Faktor lain yang merupakan penyebab kabin mobil menjadi lembab ialah adanya kebocoran pada karet jendela atau pintu mobil.

Hal ini disebabkan karena karet jendela dan pintu yang sobek atau juga getas/kering sehingga tidak dapat menyegel kabin mobil dengan sempurna. Dalam kondisi ini, air hujan yang menerpa mobil akan mudah untuk masuk dan menetes ke dalam kabin mobil. Selain meningkatkan kelembaban, air yang merembes pada door trim juga berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Dalam hal ini membersihkan jamur pada jok atau kabin mobil ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan cairan atau produk interior cleaner dan mengaplikasikannya sesuai petunjuk penggunaan produk, maka jamur akan hilang dalam sekejap. Hanya saja ini bukan berarti jamur pada jok mobil anda akan hilang untuk selamanya. Jamur dapat kembali menyerang interior dan jok mobil kalian setiap saat.

Maka dari itu selain membersihkan jamur yang terlihat kalian harus dapat menemukan masalah penyebab timbulnya jamur pada jok dan interior mobil. Contoh jika jamur muncul disebabkan oleh sisa makanan, anda harus dapat menemukan dan membersihkan sisa makanan tersebut. Jika jamur disebabkan oleh kelembaban tinggi karena karpet yang basah dan menyerap air, segera keringkan karpet atau juga menggantinya dengan yang tidak menyerap air. Dengan cara ini maka diharapkan jamur tidak terlalu sering muncul atau bahkan hilang sama sekali. (E-002/BBS)***