Poles Mobil Bisa Dilakukan Sendiri

417

Poles mobil merupakan salah satu cara untuk menjaga cat mobil agar tetap kinclong . Kebanyakan para pemilik kendaraan melakukan perawatannya di salon mobil. Namun tidak ada salahnya dilakukan sendiri di rumah.

Memiliki mobil yang mengkilap merupakan suatu kebanggaan tersendiri, walau mobil yang dimiliki tidak baru lagi atau sudah tua. Oleh karena itu dalam perawatan cat mobil sebaiknya dilakukan sejak mobil dalam keadaan masih baru. Hal ini bertujuan supaya kita dapat menghemat pengeluaran agar tidak harus dibawa ke salon mobil.

Ada beberapa langkah cara memoles cat mobil yang baik dan benar. Sebelum melakukan pemolesan sebaiknya kendaraan di cuci terlebih dahulu. Kemudian jauhkan dari terik matahari dan cari tempat yang teduh untuk melakukan poles mobil.

Setelah itu, pastikan anda sudah mempersiapkan alat-alat yang akan dibutuhkan untuk proses poles mobil seperti kain halus atau spon halus atau kalau punya alat poles dan obat poles itu sendiri, maka pilihlah obat poles yang berkualitas.

Dalam pemolesan dimulai dari bagian bawah body, lalu diteruskan bagian atas dari bagian depan mobil hingga belakang. Penting bahwa dalam pemolesan harus dilakukan setahap demi setahap. Anda sebaiknya menyelesaikan satu bagian, sebelum melanjutkan ke bagian yang berikutnya.

Gunakan spons khusus ketika membalur body mobil secara keseluruhan dengan cairan pemoles. Cairan poles mengandung cairan kimia yang dapat merusak kulit sehingga anda tidak menaruh polesan pada permukaan cat mobil menggunakan tangan anda secara langsung.

Dalam teknik penggosokan pemoles pada mobil sebenarnya tidak ada yang dapat memastikan yang paling benar yang mana, namun bila kita merujuk pada salon mobil, mereka menggunakan mesin yang menggosok pemoles dengan arah memutar. Dalam teknik ini pun tidak absolut, karena beberapa mesin lain ada yang bergerak kanan kiri ataupun atas bawah. Anda dapat mempraktekan salah satu, namun pastikan semua bagian body mobil digosok dengan sempurna.

Setelah seluruh lapisan mobil dipoles, tunggu sekitar 3 sampai 5 menit agar cairan pemoles meresap. Kemudian lap permukaan mobil dengan menggunakan kain berbahan microfiber, bila tidak ada anda dapat menggunakan kain katun yang seratnya lembut agar tidak menyebabkan baret pada permukaan cat. (E-002)***