Eksotisme Curug Sawer Di Hutan Taman Nasional Halimun

314

Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki kekayaan potensi alam melimpah, di wilayah kota maupun kabupaten. Pola penghidupan masyarakatnya sebagian besar memanfaatkan potensi alam , bidang pertanian,perkebunan,perikanan, maupun pemanfaatan hasil hutan serta pertambangan. Selain itu, potensi alam  ini  memiliki manfaat lain, yakni  wisata alam. Pemanfaatan potensi ini telah dilakukan sejak lama.Bahkan beberapa di antara potensi wisata alam di Sukabumi telah dikenal cukup luas oleh para pelancong. Misalnya,  kawasan Pelabuan Ratu, Taman Nasional Gunung Halimun serta kawasan Selabintana.

Perjalanan Mandalawangi kali ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Sukabumi. Kawasan yang kami kunjungi ialah Curug Sawer. Destinasi wisata ini berada dalam pengelolaan Taman Nasional Gede Pangrango, lokasi tepatnya berada di kawasan wisata alam Situ Gunung.Aksebilitas menuju lokasi cukup mudah,dari pusat Kota Sukabumi  menuju kawasan Cisaat . Dari tempat ini perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Kadudampit.Para pelancong harus masuk melalui objek wisata Situ Gunung.  Dari tempat parkir Situ Gunung jarak yang  ditempuh menuju Curug Sawer sekitar 2 kilometer.

Berjalan kaki adalah pilihan yang harus ditempuh oleh para pelancong ke Curug Sawer . Rute menuju kawasan curug menembus jalan setapak yang di kanan – kirinya ditumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan yang merupakan ekosisten hutan hujan di Taman Nasional Gede Pangrango.Trek sedikit menanjak tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan kita di suguhi bentang alam yang masih alami dengan udara segar khas pegunungan.Setengah jam perjalanan,akhirnya kami sampai di lokasi.Kesan pertama yang kami lihat dari curug ini ialah debit airnya cukup besar,tinggi curug antara 25 sampai 30 meter.Selain debit air yang besar, juga sangat dingin. Hal ini dikarenakan topografinya berada di atas ketinggian 900mdpl.

Aktivitas favorit para pelancong ialah menikmati keindahan curug dan mengabadikannya dengan lensa kamera.Lokasi ini merupakan salah satu spot wajib para pecinta fotografi.Aktivitas lainnya ialah bermain air. Disarankan apabila hendak berenang, anda harus dalam kondisi cukup prima serta didampingi oleh petugas setempat .Karena lokasi dibawah curug cukup berbahaya akibat debit air yang besar. Fasilitas pendukung wisata cukup lengkap,namun penempatannya berada di kawasan Situ Gunung. Para pelancong yang akan berwisata ke Curug Sawer harus membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri karena di kawasan ini tidak ada penjualn makanan. Kawasan Curup Sawer terlarang bagi kegiatan perkemahan. Untuk kegaiatan ini bisa dilakukan di kawasan Situ Gunung . (E-001) ***