Pasang Surut Perajin Senapan Angin

276

Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Sumedang, merupakan salah satu sentra pembuatan senapan angin. Hampir di setiap sudut rumah masyarakatnya, merupakan perajin senapan angin.

Inilah salah satu warga Cikeruh yang menjadi perajin senapan angin. ketua koperasi senapan angin, Idih Sunardi ini, mempekerjakan lima orang karyawan, untuk membuat senapan. mulai dari proses pembuatan mentah dari kayu, besi, dan baja, yang dibentuk hingga menjadi senapan yang siap dipasarkan.

Idih sudah menggeluti pembuatan senapan sejak tahun 71. Ia sudah mempunyai anggota koperasi sebanyak 143 perajin. Hasil pembuatan senapan angin tersebut akan disalurkan ke pedagang di desa Cipacing.

Menurut Idih, sekarang senapan angin bisa dijual ke seluruh Indonesia, baik melalui darat, laut, ataupun udara, asalkan ada ijin khusus dari koperasi dan kepolisian. Senapan dijual mulai dari harga seratus 75 ribu rupiah, hingga 6 juta rupiah, dengan peluru 4 koma lima mili meter. Jangkauan senapan pomp 40 meter, sedangkan senapan gas hingga 60 meter.

Untuk mencegah penyalahgunaan senapan angin, pihak koperasi bekerjasama dengan Polda Jabar, dengan mengawasi sebulan sekali. Selain itu, selalu diberikan pelatihan kepada para perajin.

Diki Darusman, BandungTV.