Wabup Tertibkan Pedagang Pasar Bayangan

259

Menindaklanjuti aksi unjuk rasa ribuan pedagang pasar induk rabu siang, wakil Bupati Cianjur terjun langsung menertibkan para pedagang di Bojong Meron, yang dianggap liar serta tak berijin. Hal tersebut dalam upaya agar konsumen berbelanja ke pasar induk Pasir Hayam Cianjur.

Tim gabungan dari tni polri serta satuan polisi pamong praja, menertibkan pedagang pasar Bojong Meron, Kamis siang. Penertiban para pedagang liar ini dipimpin langsung wakil Bupati Cianjur herman suherman, di tiga titik di wilayah perkotaan kabupaten Cianjur, yaitu pasar pramuka Sindang Laka, pasar selah erih, dan pasar Bojong Meron.

Setelah didata tidak berijin, petugas langsung mengamankan barang dagangan para pedagang yang dianggap liar. Pasalnya, petugas sudah beberapa kali memberikan surat peringatan di kawasan Bojong Meron ini, namun para padagang tetap membandel dengan membuka lapak dagangan.

Selain itu, petugas juga menyegel warung dan kios yang masih buka di kawasan pasar Bojong Meron.

Menurut pedagang, sebelumya dirinya berdagang di pasar induk pasir hayam selama sebulan. Namun, kurangnya pembeli membuat penghasilannya menurun drastis hingga lima puluh persen.

Sementara itu, wakil bupati Cianjur menegaskan, agar seluruh pedagang  yang tempatnya masih liar dan dilarang pemerintah kabupaten Cianjur, segera pindah dan menempati kios yang sudah disiapkan gratis di pasar induk pasir hayam Cianjur. Jika ada oknum yang memungut biaya, pedagang diharapkan segera melapor.

Rencananya penertiban pasar bayangan dan tak berijin ini akan terus dipantau setiap hari selama dua minggu kedepan.

Heri Setiawan, BandungTV.