Petani Bantah Adanya Kerusakan Hutan Di Kawasan Hutan Lindung Gunung Patuha

278

Terkait dugaan adanya alih fungsi lahan di ratusan hektar dikawasan hutan lindung yang berada di gunung patuha,kabupaten bandung. petani atau warga yang sempat menggarap lahan tersebut, akan melakukan penanaman dilahan yang sempat dijadikan lahan pertanian. rencananya ribuan pohon akan ditanam dalam waktu dekat ini.

Warga yang sempat menggarap lahan pertanian di hutan lindung dikawasan blok wa’as, gunung patuha ,pasir jambu, kabupaten bandung, mengaku sudah meninggalkan lahan seluas hampir seratus dua puluh tujuh hektar tersebut. hal ini dilakukan setelah adanya peringatan dari pihak kepolisian. namun para petani mengaku tidak melakukan penyerobotan tanah di lokasi hutan lindung gunung patuha. lokasi yang berada di blok wa’as sudah lama kosong dan tidak ada pohon,sehingga ratusan petani melakukan penanaman sayuran.

Menurut salah seorang petani,haji emte, dirinya dan para petani lainnya sudah meninggalkan hutan lindung blok wa’as, dan tidak akan lagi menggarap untuk lahan pertanian. rencananya untuk mengembalikan lokasi hutan lindung seperti kondisi semula dengan menanam ribuan pohon, agar kelestarian alam bisa terjaga.

Penanaman pohon yang akan dilakukan oleh atau petani yang sempat menggarap pertanian di hutanlindung akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. adanya penggarapan lahan di lokasi hutan lindung, menurut para petani karena ketidak tahuan.

Rrezytia Prasaja, Bandung TV.