Tradisi Adu Ketangkasan Domba

414

Ratusan pecinta domba, mengikuti adu ketangkasan domba, di lapangan b-l-k, kabupaten cianjur. tidak sekedar beradu kekuatan, dalam kesenian khas jawa barat ini, domba-domba juga dinilai kebersihan serta kondisi fisiknya.

Para pecinta domba se-jawa barat, berkumpul di lapangan b-l-k, kabupaten cianjur. sedikitnya empat ratus ekor domba khas garut pun bersiap untuk berlaga di arena, dan menunjukan kemampuannya dalam ajang ketangkasan domba. diprakarsai oleh himpunan peternak domba dan kambing indonesia, atau h-p-d-k-i kabupaten cianjur, ajang ketangkasan domba ini sudah menjadi tradisi di kabupaten cianjur , tak hanya beradu kekuatan, dalam kesenian asli jawa barat ini, domba-domba dinilai mulai dari kebersihannnya, kondisi fisik serta agresifitas saat di arena.

Domba-domba unggulan dariĀ  berbagai daerah ini nampak gagah dan siap untuk masuk ke arena. dan tentu saja, domba-domba ini jenis domba garut yang dikenal mempunyai tanduk besar dan melingkar. meski dari daerah garut, namun para pecinta kesenian ini sudah meluas ke daerah lainnya. sementara domba- domba yang beradu ketangkasan ini umumnya berumur diatas tiga tahun. perlu perhatian khusus dalam merawat domba-domba ini, bahkan asupannya pun wajib diperhatian dijaga. bahkan saat akan mengahadapi lomba, ada perlakukan khusus serta pemebrian jamu herbal untuk penambah stamina domba-domba.

Untuk para pemenang, pihak penyelenggra menyiapkan satu ekor sapi serta barang elektronik seperti kulkas, televisi dan mesin cuci. selain menjadi ajang pelestarian budaya dan silaturahmi antar pemilik dan pecinta domba. bahkan sehabis lomba, domba-domba unggulan bisa ditawar dengan harga yang cukup tinggi.

Heri Setiawan, Bandung TV