Pesona Cadas Gantung di Gunung Sanghyang Dora

564

Tempat wisata ini topografinya mirip dengan objek wisata Tebing Keraton di Kota Bandung. Namun obyek wisata tebing yang satu ini, populer disebut Cadas Gantung berlokasi di Desa Mirat,Kecamatan Leuwimunding Kabupa­ten Majalengka.

Untuk menuju lokasi diperlukan perjua­ngan lumayan melelahkan, karena aksebilitas jalan menuju objek ini belum terlalu bagus. Tapi akan terbayar dengan pesona kecantikan alam yang diberikan Cadas Gantung. Pengelolaan tempat wisata dilakukan oleh Karang Taruna setempat. Sedangkan lahannya masuk dalam wilayah Perhutani Jabar Banten.

Cadas Gantung, terletak di puncak sebuah bukit kecil di kaki Gunung Sanghyang Dora. Dari puncak bukit , jika kita menghadap ke arah barat, dapat menyaksikan hamparan alam Majalengka, mata seolah menghijau segar menyaksikan samudera pepohonan yang terhampar di dataran rendah.

Di sisi timur nampak Gunung Sanghyang Dora menjulang tinggi, sementara di sisi lain berjajar bukit-bukit seolah bergande­ngan menciptakan horizon di kaki langit.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, dengan menempuh perjalanan sekira 45 menit, Anda akan tiba di lokasi dari arah Jatiwangi melalui jalur Kadipaten-Cirebon, di jalan Prapatan Anda tinggal berbelok ke arah kanan menuju Sumber dan Kuningan.

Tidak jauh dari perempatan, jalan yang lurus diapit hamparan sawah yang membentang di kiri kanan jalan akan menyambut Anda. Dari sini lokasi sudah dekat , banyak petunjuk jalan yang mengarahkan para pelancong menuju lokasi Cadas Gantung.

Pihak pengelola menerapkan retribusi terjangkau untuk para pelancong dari tempat parkir lokasi Cadas Gantung bisa dijangkau dengan berjalan kaki menaiki tebing tebing kecil.

Sesampainya di puncak Cadas Gantung,hembuasan angin sepoi – sepoi khas pegunungan menerpa kepada setiap pelancong. Di kawasan itu, kita harus berhati- hati karena lokasi yang berada di ketinggian menuntut kewaspadaan agar tidak tergelincir.

Aktivitas favorit pelancong di tempat itu ialah berfoto mengabadikan keindahan panorama serta berswafoto dengan latar pepohonan menghijau. Batu-batu besar yang tertanam berjauhan menjadi spot-spot yang diminati para pengunjung untuk mengabadikan dirinya di Cadas Gantung. Selain batuan besar , juga ada Gazebo dan jembatan bambu yang sengaja dibuat untuk sekadar berteduh atau berfoto.

Fasilitas penunjang wisata tersedia lengkap,lahan parkir,tempat ibadah serta penjual makanan dan minuman sudah tersedia lengkap. Aneka pilihan penganan kuliner ini akan memanjakan para pelancong yang kelaparan setelah menempuh trek cukup sulit sebelum sampai lokasi.

Untuk para pelancong yang gemar menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan alam beratap langit dan beralas tanah,pihak pengelola menyediakan arena berkemah tidak jauh dari lokasi Cadas Gantung.

Arena berkemah ini populer di kalangan para pelancong pehobi kegiatan alam bebas. Para pelancong untuk saat ini didominasi warga Majalengka dan sekitarnya,namun di hari libur beberapa pelancong dari luar daerah pun tampak bergerombol me­ngunjungi lokasi itu. (E-001) ***