Situ Cikuda, Bisa Dijadikan Objek Wisata Edukasi

344

Masih di wilayah Kab.Majalengka, Mandalawangi mengunjungi Situ Cikuda. Situ yang terletak di wilayah Desa Padaherang daerah Rajagaluh, Kecamatan Sindangwangi, jaraknya dari pusat kota Majalengka lebih kurang 25 kilometer.

Situ Cikuda memiliki luas sekitar 2 hektar, memanjang dari barat ke timur dibatasi hutan lindung yang cukup luas di bagian selatan situ .

Objek wisata ini memiliki keunikan yang tidak didapatkan di lokasi lain. Keunikan ini bisa kita nikmati dengan mata telanjang,salah satunya adalah air berwarna kehijauan serta vegetasi hutan lindung yang masih alami.

Situ Cikuda , menawarkan panorama cantik memesona.Terletak di kaki Gunung Ciremai dengan kesejukan udara pegunu­ngan.

Keberadaan Situ Cikuda sebenarnya dapat dikembangkan menjadi tempat pemancingan alami, wisata alam, pengamatan aneka hayati atau wisata edukasi bagi para pelajar atau mahasiswa.

Keberadaan situ dan hutan yang masih benar-benar alami sangat memungkinkan untuk dijadikan lokasi wisata edukasi yang selama ini dicari para pelajar atau mahasiswa.

Pembangunan infrastruktur jalan mutlak diperlukan agar akses menuju lokasi mudah dicapai oleh para pelancong . Saat ini akses agak terganggu karena jalan tidak mulus untuk dilalui.
Selain itu belum ada akses kendaraan umum,para pelancong yang tidak membawa kendaraan pribadi harus menggunakan ojek untuk sampai ke lokasi.

Potensi besar di bidang keindahan alam sangat sayang apabila tidak digarap dengan serius. Satu hal yang pasti didapatkan apabila tempat ini telah menjadi destinasi wisata unggulan adalah pendapatan asli daerah.

Selain itu masyarakat sangat terbantu dengan adanya lapangan kerja baru di bidang fasilitas penunjang wisata.

Letaknya yang tersembunyi membuat lokasi ini hanya dikunjungi oleh pelancong dari seputaran Majalengka . Pelancong dari luar daerah biasanya datang atas saran dari teman warga Majalengka.

Fasilitas saat ini yang tersedia baru berupa lahan parkir,tempat ibadah serta penjual makanan dan minuman sederhana. (E-001)***