Situ Cipunten, Surga Bagi Pehobi Mancing

585

Melakukan perjalanan memang mengasyikan,dalam setiap perjalanan akan menambah banyak pengetahuan, selain pengalaman. Keberadaan Mandalawangi di Kab. Majalengka, dimanfaatkan untuk melihat pesona keindahan di kota yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon, Kuningan serta Sumedang.

Majalengka kerap disebut sebagi daerah pensiunan, penamaan ini karena suasana di wilayah Majalengka relatif tenang. Tujuan Mandalawngi, pertama ialah Situ Cipunten.

Situ ini terletak di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka. Berjarak +- 16 KM dari Kota Majalengka .

Untuk menuju Situ Cipanten ini dapat ditempuh dari jalan raya Majalengka – Rajagaluh, kemudian berbelok di Desa Salagedang menuju ke Kecamatan Sindang. Gapura masuk menuju obyek wisata ini berada di jalan antara Desa Gunung Kuning dengan Desa Sindang.
Sepintas Situ ini berair tenang,selama ini pemanfaatan Situ, selain sebagai obyek wisata, juga sebagai untuk budidaya perikanan serta pengairan sawah.

Di sekeliling Situ, kita bisa melihat masih banyak pohon tinggi tumbuh subur. Fasilitas penunjang wisata masih belum lengkap, hanya lahan parkir sederhana serta mushola dan penjual makanan minuman yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Selami ini pengelolaan Situ masih dilakukan oleh aparat Desa Gunung Kuning. Pembangunan infrastruktur diharapkna dilakukan pemerintah agar tempat wisata ini bisa menjadi destinasi wisata alam unggulan.

Daya tarik utama Situ Cipunten ialah panorama alam yang masih alami, airnya sangat jernih.Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh pelancong ialah menikmati keindahan alamnya, selain itu para pehobi mancing bisa menyalurkan hobinya.

Kepopuleran Situ ini sebagai tempat mancing, bahkan telah dikenal luas oleh masyarakat Majalengka. Selain para pehobi mancing, Situ Cipunten populer dikalangan anak muda sebagai salah satu tempat dengan spot spot foto menarik.

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Situ Cipanten di Sindang Majalengka Jawa Barat,anda perlu mempersiapkan kebutuhan.

Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena Anda pasti ingin mengabadikan kebersamaan dengan keluarga atau teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan lainnya ( sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi dan selalu berhati – hati. (E-001) ***