Agar Ponsel Pintar Panjang Umur

435

PONSEL PintarĀ  memang tak akan bisa bertahan sepanjang hari, terlebih ada baterai yang dapat memberikan daya agar ponsel bisa digunakan. Namun, apa yang terjadi jika baterai ponsel Anda mati? Dunia serasa runtuh bukan?

Untuk menjaga baterai tetap awet bahkan tak mudah rusak atau menggembung, diperlukan cara yang benar agar tak salah merawatnya.

Berikut BB rangkum dari berbagai sumber bagaimana tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk menjaga masa pakai baterai Anda.

Jangan isi baterai semalaman

Mungkin ini tak terlalu logis, tetapi pengisian baterai ponsel Anda sepanjang malam memang tak sehat. Metode tersebut diyakini dapat memutar baterai dalam keadaan stres.

Alternatif terbaik untuk ini adalah men-charger telefon Anda dalam batas wajar, setidaknya 1-2 jam saja.

Matikan aplikasi tidak perlu

Anda memang tergila-gila dengan jejaring sosial, tetapi tahukah Anda jika kebanyakan dari aplikasi tersebut dapat menyebabkan boros baterai? Meskipun tak setiap aplikasi akan menghabiskan banyak baterai Anda.

Namun seiring berkembangnya teknologi, kini semua ponsel iOS dan Android memiliki monitor baterai yang memberi detail berapa banyak daya yang digunakan oleh masing-masing aplikasi. Tentunya Anda dapat menentukan aplikasi mana yang harus Anda tutup atau copot pemasangannya.

Matikan getaran

Meskipun getaran sebenarnya diperlukan, tetapi menghidupkan getaran pada nada dering sebenarnya dapat menguras daya, bukan hanya sekadar menghasilkan suara.

Tentu saja getaran memang sangat penting untuk situasi yang lebih tenang seperti rapat, jadi jika Anda masih perlu menggunakannya pastikan Anda mengurangi intensitasnya.

Matikan GPS & lokasi

Anda mungkin telah memperhatikan pesan kecil yang terus-menerus muncul di telefon Anda, dan menanyakan apakah Anda ingin aplikasi tertentu melacak lokasi Anda.

Hampir setiap aplikasi melakukannya, dan sebenarnya itu sangat berguna untuk beberapa hal tetapi tidak bagi baterai ponsel Anda yang akan menguras daya dengan cepat.

Dengan begitu, Anda dapat memilih seberapa sering GPS digunakan dalam pengaturan dan pemilihan yang benar-benar dibutuhkan.

Jaga telefon tetap dingin

Jika Anda pernah menyentuh ponsel dan menyadari bahwa itu lebih panas dari biasanya, mungkin karena Anda menggunakannya terlalu banyak aplikasi yang berjalan.

Hal ini kadang terjadi bila perangkat dibiarkan di bawah sinar matahari langsung, atau lingkungan yang panas, seperti di dalam mobil yang diparkir. Ponsel akan selalu beroperasi di lokasi yang lebih dingin, jadi cobalah untuk memperhatikannya jika telefon terkena panas. (C-003/bbs)***