Aktifkan Fitur Privasi Agar Tak Terganggu di Medsos

425

MEDIA sosial menjadi makanan sehari-hari para pengguna perangkat mobile. Terkadang Pengguna bisa terganggu dengan komentar orang lain sehingga memancing emosi Anda. Komentar yang buruk juga bisa merusak pengalaman Anda.

Agar tidak terganggu atau terpancing emosi dari komentar-komentar tersebut, sekaligus menjaga privasi pengguna, maka langkah ini bisa Anda perhatikan. Dilaporkan Popular Science, inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi privasi Anda dan menangkal troll (pengguna yang memiliki tujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain) di dua medsos terbesar dunia seperti Instagram dan Twitter

Twitter

Sebagai default, Twitter memungkinkan akses publik ke semua posting-an Anda. Namun, ini memberikan Anda pilihan membuat profil pribadi, yang artinya hanya follower yang disetujui akan melihat tweet dan bisa menghubungi Anda.

Dalam private mode, Anda kehilangan beberapa fitur Twitter, misalnya followers Anda tak bisa me-retweet tweet Anda tapi sebagai gantinya, Anda meminimalkan jumlah perhatian tak diinginkan yang akan Anda dapatkan sejak awal.

Jika Anda ingin mengatur akun Anda ke akun pribadi, masuklah ke menu Safety di pengaturan Twitter Anda dan centang kotak yang bertanda ‘Protect My Tweets’. Semua pengikut Anda yang ada akan masuk ke klub pribadi Anda secara otomatis.

Jika pengguna Twitter lainnya mulai mengganggu Anda, Anda memiliki dua cara untuk membungkamnya yakni membungkam dan memblokirnya. Saat Anda mengklik panah pada tweet individu, menu drop-down yang menyertakan kedua opsi akan muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengakses menu ini dengan mengklik tiga titik pada halaman profil.

Pada profil, Anda juga bisa melaporkan orang-orang karena melanggar peraturan dan ketentuan Twitter dan konten kasar atau berbahaya yang dianggap sebagai pelanggaran.

Instagram

Jika feed Instagram Anda diatur ke public, pengguna Instagram manapun di dunia bisa menyukai atau memberi komentar pada mereka. Namun, bagi pengguna yang hanya orang tertentu bisa melihat fotonya, Instagram memungkinkan Anda mengatur profil Anda ke mode private.

Cukup buka aplikasi dan masuk ke halaman Setting. Namun, entah akun Instagram Anda bersifat private atau publik, pengguna tertentu masih bisa menjangkau Anda. Maka, cara yang cukup ekstrem yang bisa diambil adalah memblokir orang yang Anda inginkan.

Mereka (orang yang diblokir) tak akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda telah melakukan tindakan ini (blokir), namun mereka tak bisa lagi memberikan pesan kepada Anda, melihat feed Instagram Anda atau menemukan halaman profil Anda di jaringannya.

Masalah lain yang bisa dihadapi para pengguna Instagram adalah adanya orang yang meninggalkan komentar tak pantas atau kasar di gambar Anda. Anda bisa mengarah ke halaman profile Anda, ketuk tiga titik (Android) atau ikon cog (iOS). Pilih komentar dari menu untuk menyembunyikan kata dan frasa tertentu dari gambar Anda.

Instagram memiliki daftar default dari apa yang disebutnya “kata-kata yang paling tidak biasa dan tak pantas” dan Anda bisa menambahkan kata-kata tambahan yang tak ingin Anda lihat juga. Komentar yang berisi kata sesuai dengan daftar frase terlarang otomatis akan disembunyikan dari pandangan Anda. (C-003/ahl)***