Kacamata Pintar Apple Tampilkan Teknologi AR

570

BELUM lama ini, Google dikabarkan tengah menguji kacamata pintarnya. Kini kabar tersebut datang dari pesaingnya, Apple. Paten Apple telah muncul dengan merinci sepasang kacamata pintar yang tampaknya bertujuan untuk menampilkan teknologi augmented reality (AR).

Paten itu menunjukkan sesuatu seperti dua bagian sistem yang akan meningkatkan pengalaman AR. Yang menarik, kacamata pintar Apple ini akan memiliki tipe dukungan touchscreen.

Poin menarik dari paten ini seolah menggambarkan dunia yang disebut sebagai “lingkungan yang nyata”. Saat Anda menjepret gambar dengan iPhone di salah satu blok kota misalnya, sistem AR perangkat ini akan mampu mengidentifikasi dan kemudian menunjukkan tempat menarik di blok tersebut, seperti bangunan bersejarah, restoran populer, street art yang terkenal, atau semacamnya.

Paten itu mencakup ilustrasi yang menunjukkan jenis sistem AR yang tersedia di telefon, yang tentunya iPhone, serta sistem untuk kacamata pintar. Perangkat wearable ini jika sesuai dengan paten yang terkuak akan menampilkan setidaknya satu kamera built-in yang bisa menggambarkan ‘lingkungan nyata’ tanpa menggunakan ponsel pintar untuk dihubungkan, kemudian memilih poin yang menarik di lingkungan tersebut, yang selanjutnya perangkat akan mengidentifikasi visual untuk pengguna.

Rincian paten ini setidaknya akan membawa perangkat ke tingkat selanjutnya, dengan menambahkan semacam fungsi layar sentuh ke kacamata. Dalam hal ini, kamera pada kacamata Apple tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi dimana arah jari pengguna ke lingkungan yang tampil, bereaksi terhadapnya seolah-olah pengguna tersebut sedang menyentuh objek atau lokasi pada tampilan kacamata yang sebenarnya.

Misalnya, seseorang yang memakai kacamata pintar AR ini bisa melihat dinding yang berisi karya seni, menjangkaunya dan mengarahkan jari telunjuk mereka ke lukisan tertentu.

Kamera yang memantau lingkungan nyata di depan kacamata akan memerhatikan jari pengguna dan bereaksi terhadap perangkat itu, sehingga mampu mengemukakan hal menarik dan kemungkinan juga menyuguhkan informasi tambahan yang terkait. Paten tersebut menggambarkan layar kacamata pintar yang ‘semi-transparan’.

Dilansir Slash Gear, Sabtu (29/7/2017), paten ini ditemukan oleh Patently Apple, yang mengatakan bahwa paten itu berasal dari Metaio, perusahaan yang diakuisisi Apple beberapa tahun lalu. Tentunya, ini bukanlah paten kacamata pintar pertama Apple namun paten kali ini menunjukkan fokus perusahaan pada aspek AR.

Sementara itu, meski sempat lama vakum dan tak terdengar kabarnya, kacamata Google kabarnya tengah diuji dan diterapkan di banyak pabrik di Amerika Serikat (AS). Dijuluki Google Glass Enterprise Edition (EE), headset ini sama seperti yang dilihat di pengarsipan FCC 2015 dan sempat terlihat di eBay pada 2016. (C-003/sg)***