Perhatikan Ini saat Gunakan Wifi Gratis

580

HAMPIR di setiap tempat pasti menyediakan fasilitas wifi gratis bagi para pengunjung. Dengan begitu, Anda bisa mudah untuk mengakses internet di mana pun tanpa perlu menggunakan paket data sendiri. Dalam menggunakan wifi pun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Khususnya wifi yang ditawarkan bagi publik.

Dikutip BB dari berbagai sumber, inilah hal yang mesti Anda perhatikan saat Anda menggunakan wifi gratis. Berikut penjelasannya.

Sistem

Saat Anda akan menggunakan wifi gratis di tempat umum, Anda perlu memastikan bahwa sistem pada ponsel pintar Anda tetap up to date. Hal ini bukan hanya soal fitur-fitur terbaru yang Anda gunakan namun juga memastikan bahwa sistem dalam ponsel pintar Anda telah terlindungi dari hacker.

Anti Virus

Anda juga perlu memiliki perangkat anti virus yang bisa melindungi ponsel pintar Anda dari segala ancaman virus. Karena itu, sebelum memakan wifi gratis pastikan bahwa ponsel pintar Anda bisa terjaga keamanannya.

Wifi Lambat Berbahaya

Perlu Anda perhatikan, bahwa signal wifi yang cenderung lambat lebih berbahaya. Ada baiknya Anda segera menghentikan penggunaan wifi jika sinyal yang ditawarkan begitu lambat.

Hindari Belanja Online

Saat Anda sedang menggunakan wifi, ada baiknya agar tidak melakukan transaksi bank online maupun melakukan pembelian secara online. Karena hal ini bisa saja mengancam keamanan password Anda.

Authentication

Jika Anda ingin menggunakan wifi secara gratis, Anda bisa menggunakan dua faktor Autentik. Hal ini adalah cara agar Anda bisa melakukan komunikasi secara online tetap aman. Two factor Authentic ini biasanya menawarkan keamanan bagi ponsel pintar Anda. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakan jaringan di luar.

Matikan Wifi

Saat Anda telah selesai menggunakan wifi di tempat umum, segeralah matikan jaringan Anda. Cara ini harus dilakukan agar smartphone Anda aman.

Wifi Tanpa VPN

Jangan sekali-kali Anda menggunakan wifi tanpa menyambungkannya pada VPN. Karena tanpa VPN ini ponsel pintar Anda akan lebih berisiko. (C-003/bbs)***