Fokus dan Mengerti, Kunci Keselamatan Berkendara

349

Kabar mengenai kecelakaan yang terjadi di jalan raya, mungkin sudah menjadi hal  biasa. Tidak sedikit  yang merenggut korban jiwa. Ketidak tertiban yang terjadi di jalan raya menjadi awal dari masalah ini. Namun ada baiknya kita sebagai pengendara mampu menyikapi hal tersebut, sehingga tetap aman berkendara.

Jusri Pulubuhu,  konsultan Jakarta Defensive Driving (JDD) membagikan tips agar mengemudi tetap aman . Fokus dan Mengerti, adalah dua kata kunci utama untuk menjaga keselamatan Anda di jalan raya.

Kata kunci pertama adalah Fokus. Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi layak jalan, sehingga  membuat perjalanan nyaman. Lalu lupakan segala masalah yang sedang Anda hadapi. Memikirkan masalah yang sedang dihadapi saat mengemudi akan membuat tingkat kewaspadaan Anda menurun, dan dapat membahayakan. Selalu upayakan untuk selalu fokus dalam mengemudi, hindarkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Kata kunci yang selanjutnya adalah Mengerti. Maksud dari mengerti disini adalah mengerti situasi yang terjadi di jalan raya. Misalnya, seperti tidak mengerem mendadak, tidak melakukan manuver mendadak dan lainnya.

Selalu bertindak antisipatif. Pahami objek yang berada di depan kita. Seperti ada orang yang mau menyeberang jalan.

 Terakhir, selalu utamakan keselamatan baik diri sendiri atau orang lain. Selain tertib berlalulintas, ingat selalu untuk memastikan situasi dan kondisi jalan raya sebelum mengambil keputusan untuk melakukan manuver.

Demikian tips mengenai cara mangemudi yang aman. Semoga bermanfaat bagi pengemudi, demi keselamatan diri sendiri dan juga pengguna jalan raya lainnya. (E-002)***