Dirut RSUD Pagelaran Dituntut Mundur

161

Puluhan masyarakat serta mahasiswa yang tergabung dalam kesatuan aliansi mahasiswa Cianjur atau kam-c, mendatangi kantor dinas kesehatan kabupaten Cianjur, siang tadi. mereka menilai, rumah sakit Umum Daerah Pagelaran memberikan pelayanan kesehatan yang sangat buruk. Selain itu, tata kelola limbah bahan beracun di RSUD tersebut terindikasi melanggar hukum.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam kesatuan aliansi mahasiswa Cianjur atau kam-c, mendatangi kantor dinas kesehatan kabupaten Cianjur, Kamis siang. Selain pelayanan yang buruk, mereka juga menduga ada pelanggaran hukum yang dilakukan pihak rumah sakit umum daerah Pagelaran, Cianjur Selatan.

Selain itu, mereka menuntut pihak Rumah Sakit Umum Daerah Pagelaran segera membuat tempat pembuangan sampah limbah bahan beracun dan berbahaya, di area rumah sakit. Mereka mensinyalir, RSUD tersebut belum memiliki  instalasi pengelolaan air limbah dan limbah medis secara benar. Padahal, pembuangan air limbah dan limbah medis yang tidak memadai, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat di dekat area rumah sakit umum daerah Pagelaran, Cianjur Selatan. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Bahkan, limbah medis seperti bekas infus dan suntikan, sering ditemukan masyarakat sekitar, dan tak jarang dijadikan mainan oleh anak-anak.

Mahasiswa menilai, Dinas Kesehatan sebagai pemilik kebijakan harus mengontrol semua rumah sakit umum di kabupaten Cianjur, yang belum memiliki dokumen analisa dampak lingkungan dan instalasi pengelolaan air limbah serta limbah medis. hal tersebut dipandang perlu, guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Heri Setiawan, BandungTV.