Bujuk Imunisasi Dengan Gaya Superhero

85

Beragam cara dilakukan sejumlah sekolah dan petugas imunisasi, guna menyukseskan program imunisasi campak dan rubela tahun 2017. Di salah satu sekolah di kota Bandung, para guru membujuk siswa untuk bersedia diimunisasi, dengan berpenampilan layaknya tokoh super hero.

Suasana berbeda terjadi di salah satu sekolah tingkat dasar di kawasan jalan katamso kota Bandung, Kamis pagi. Beberapa guru di sekolah ini, sengaja berpenampilan layaknya tokoh superhero, lengkap dengan atribut senjata mainannya.

Aksi tersebut dilakukan para guru, sebagai bentuk bujukan kepada siswa, agar bersedia diimunisasi campak dan rubela, yang diberikan petugas Dinas Kesehatan kota Bandung.

Para siswa dibuat nyaman dengan diajak bermain bersama tokoh superhero, sehingga tidak merasa ketakutan saat bertemu petugas imunisasi, untuk disuntik vaksin.

Seorang siswa mengaku, dengan cara seperti ini, dirinya tidak takut saat diimunisasi, karena didampingi tokoh superhero yang mengajaknya bermain.

Cara pendekatan dengan gaya superhero para guru ini, dinilai efektif membujuk para siswa, agar bersedia diimunisasi campak dan rubela. Total 140 siswa di sekolah ini diimunisasi campak dan rubela, yang menjadi program pemerintah pada tahun 2017.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.