Polisi Ungkap Pembuatan Sertifikat Guru Palsu

113

Polda Jabar berhasil mengungkap pelaku pembuatan sertifikat guru palsu yang beredar di Jawa Barat. Hingga saat ini, polisi telah memeriksa tiga belas orang, yang diduga pembuat sertifikasi guru palsu. Akibat sertifikasi guru palsu tersebut, BPR dibobol hingga puluhan milyar.

Inilah puluhan sertifikat guru palsu yang telah merugikan pihak bank perkreditan rakyat, akibat digadaikan pemegang sertifikat guru palsu, ke pihak BPR di Jawa Barat.

Sertifikat ini disita polisi dari 13 orang yang diduga terlibat membuat sertifikat guru palsu, yang telah merugikan BPR hingga puluhan milyar. dari satu sertifikat guru ini, pihak bank dapat mencairkan setidaknya 80 juta rupiah.

Setelah ada laporan dari pihak BPR, petugas Polrestabes dan Polda Jabar pun langsung menyelidiki. Akhirnya, polisi berhasil mengamankan 13 orang, yang diduga membuat sertifikat guru palsu. Dalam kasus ini, polisi pun menduga ada orang dalam di BPR dan oknum guru, yang bermain dengan pemegang sertifikat guru palsu, sehingga dengan mudah menggadaikan sertifikat ke BPR.

Sementara itu, kepolisian pun mengimbau, agar para guru berhati-hati dalam mengurus sertifikasi. Banyaknya peredaran sertifikat palsu, dapat merugikan semua pihak. Para pembuat sertifikat guru palsu ini pun dapat dijerat pidana, dengan hukuman diatas lima tahun penjara.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.