FGD Membangun Desa dalam Prospektif Ekonomi Kreatif

93

Pusat Studi Desa Indonesia (PSDI) terus melakukan upaya memajukan serta memberdayakan kehidupan masyarakat desa.Salah satu bentuk konkrit pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa, antara lain dengan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat desa.

Setelah beberapa kali mengadakan kegiatan dengan tema eksplorasi desa wisata agar lebih dikenal oleh khalayak. Dalam kegiatan di Soreang Kabupaten Bandung, PSDI melakukan Focus Grup Discusion (FGD). Sebuah kegiatan diskusi terarah yang gencar dilakukan oleh berbagai instansi atau lembaga swadaya masyarakat untuk mencari solusi secara tepat mengenai berbagai masalah.

Dalam hal ini fokus utama PSDI ialah menggugah kesadaran masyarakat desa agar mampu membangun desa dalam prospektif ekonomi kreatif menuju kemandirian masyarakat desa.

Peserta kegiatan FGD terdiri atas para pelaku industri wisata,petani,akademisi,para pemangku kebijakan,jajaran pengurus PSDI serta masyarakat yang tergerak untuk memajukan desa. Narasumber/pemateri , di antaranya Prof Ahmad Erani Yustika,SE,Msc,Ph.D, kemudian Dr,Ir Hamdan MM , Drs Sugeng Riyono M.S ,Handy Yanto Presdir PT Metrix Asia Solusindo,Dan Heri Siswanto .

Kegiatan FGD tanggal 4 Agustus 2017 yang dibuka Bupati Bandung,H.Dadang Naser , diskusi terjadi ketika pemberian materi selesai,para peserta sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber. Jelang waktu sholat Jumat Bupati Kabupaten Bandung Dadang Naser berkenan hadir sekaligus membuka acara FGD.Acara masih berlanjut setelah Sholat Jumat.

Melalui kegiatan kali ini Pusat Studi Desa Indonesia tidak hanya berkonsentrasi me­ngurus kegiatan di lapangan saja.Namun mengajak semua pihak untuk berdiskusi mencari solusi bagaimana memajukan desa yang kajiannya dilaksanakan di dalam rua­ngan.

Dalam kegiatan itu banyak hal yang bisa menjadi rujukan untuk mendorong kreativitas masyarakat desa,sekaligus strategi dalam membangun masyarakat desa menjadi mandiri.
Beberapa hal yang dihasilkan dalam diskusi ini memberi beberapa poin penting yang menjadi inisiator agar masyarakat desa menjadi kreatif dalam membangun desa dalam lingkup ekonomi kreatif menuju kemandirian desa. (E-001) ***