5 Kecamatan Krisis Air Bersih

133

Dua puluh dua ribu kepala keluarga, di lima kecamatan di kabupaten Bandung, mengalami krisis air. Hal tersebut terjadi, akibat pasokkan air dari PDAM Tirta Raharja tersendat, pasca menurunya debit sumber air PDAM di Situ Cileunca, Pangalengan.

Ribuan warga di lima kecamatan di Kabupaten Bandung, mengeluh akibat berkurangnya pasokan air dari PDAM. Sudah lebih dari seminggu, warga harus membeli air dari pedagang air keliling, untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Krisis air bersih sudah terjadi sejak seminggu terakhir, di lima kecamatan tersebut. Air dari PDAM tidak mengalir. Jika mengalir, hanya sedikit air yang keluar. Akibatnya, warga harus membeli air.

Hal tersebut dibenarkan humas PDAM Tirta Raharja, Dadang. Pasokan air dari PDAM untuk 5 kecamatan di kabupaten Bandung berkurang, akibat berkurangnya debit air di situ Cileunca. PDAM mengalami kesulitan mendistribusikan pasokan air ke warga. Mengatasinya, PDAM Tirta Raharja sudah mengirim truk-truk air, untuk membantu warga yang kesulitan air.

Diperkirakan, musim kemarau yang terjadi di beberapa wilayah, khususnya jawa Barat, akan berlangsung cukup lama. warga diimbau agar memanfaatkan air seperlunya, serta memanfaatkan sumber air lainnya, seperti air dari  sumur atau sungai.

Rezytia Prasaja, BandungTV.