Pajak Sedan Diharapkan Dongkrak Pasar Domestik dan Ekspor

103

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap usulan penyesuaian regulasi pajak kendaraan dari segmen sedan agar setara dengan SUV (sport utility vehicle) serta MPV (multi purpose vehicle) diharapkan mampu meningkatkan pasar domestik sedan.

Dalam keterangannya, Ketua I Gaikindo , Jongkie D Sugiarto mengatakan, jika pasar domestik sedan meningkat, akan mendorong agen pemegang merek (APM) yang memproduksi mobil MPV dan SUV di Indonesia agar merakit sedan untuk pasar domestik serta ekspor.

“Tidak boleh hanya menjadi basis produksi untuk kendaraan MPV, karena permintaan ekspor masih sedan. Australia dan beberapa negara Asia misalnya. Intinya bagaimana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk sedan, caranya pasar domestiknya harus berkembang. Jadi mereka mau memproduksi di sini karena ada pasar yang berkembang,” kata Jongkie.

Melihat hal tersebut pihak Gaikindo siap menjembatani dialog antara APM dengan pemerintah agar membicarakan hal-hal yang bisa meningkatkan ekspor.

Sedangkan Executive General Manajer Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menga -takan, kendati MPV merajai segmen pasar di Indonesia, kebutuhan untuk sedan tetap ada, misalnya untuk armada dinas pemerintahan atau perusahaan.

‚ÄĚTren sedan tetap ada kebutuhan , misalnya untuk pemerintahan. Kedua, pasar juga bisa diambil oleh perusahaan. Walaupun sekarang sudah ada pilihan lain, MPV premium untuk para bos, atau MPV menengah untuk pegawainya,” kata Soerjopranoto.

Dengan penyesuaian pajak tersebut, diprediksi akan ada kenaikan market sedan, kendati hal itu masih dipelajari oleh pihak Toyota di Indonesia. (E-002)***