Servis Sistem CVT Motor Matik

500

Salah satu komponen penting pada sepeda motor skuter otomatik (skutik) adalah Continuously Variable Transmission (CVT). Komponen yang punya tugas menyalurkan tenaga ke roda ini , tidak berbentuk rantai sering dilupakan saat perawatan ringan di bengkel.

CVT terdiri atas berbagai komponen lainnya yang bisa dibilang cukup rumit dibanding jenis rantai. Seperti per CVT, roller, v-belt, mangkok kopling, dan banyak lagi. Jika sistem CVT ini tidak sering dirawat atau minimal diberssihkan maka akan berpengaruh kepada seluruh komponen di dalamnya.

Sehingga, menurut Yongi Setiadi, dari Bengkel Yong’s motor Jalan Lengkong Kecil Bandung , jika CVT jarang dibersihkan atau diservis, imbasnya ke tarikan motor akan terasa berat, risikonya performa motor kurang maksimal dan bisa boros bahan bakar.

”Jadi, setiap servis berkala harus berpesan untuk dicek kondisi CVT-nya, bersihkan dari kotoran atau debu yang menempel, jika itu dibiarkan, CVT akan cepat bermasalah,” katanya.

Yong menambahkan, saat melakukan perawatan, pastikan mekanik tidak hanya membersihkan tapi juga melakukan pengecekan pada beberapa komponen di CVT. Tujuannya untuk memastikan apakah pada bagian CVT masih layak digunakan atau harus diganti.

”Cek komponen penting pada CVT, kalau sudah aus sebaiknya segera ganti, ikuti saja arahan mekanik. Jika dibi- arkan, takutnya bermasalah saat di jalan. Kalau mekanik menyarankan untuk ganti, sebaiknya ganti saja,” sarannya.

Untuk motor matik Honda seperti Honda BeAT Fi, pemerikasaan CVT dilakukan setiap 8000 km dan penggantian V-belt pada 24.000 km.

Sedangkan untuk skutik Yamaha, setiap 7000 km dan pemeriksaan berikutnya setiap 3.000 km. Jika motor masih memiliki buku servis, sebaiknya lakukan servis berkala di bengkel resmi dari masing-masing merek.

”Saya sarankan baca buku panduan servis, jangan malas untuk membaca, kalau masih memiliki garansi sebaiknya servis rutin di bengkel resmi masing-masing, supaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa mengajukan komplain, karena biasanya di bengkel resmi ada jaminannya,” ungkapnya.
(E-002)***