Belajar Bisnis Masker Kefir

174

PEBISNIS kini memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Era berjualan secara online tanpa harus bertemu langsung antara si penjual dan pembeli sekarang sudah lumrah.

Anak muda pun sudah bisa menghasilkan uang sendiri dari bisnis online. Salah satunya adalah siswi SMKN 10 Bandung yang kini jadi pebisnis online yaitu Sisi Aulia.

Sisi menjual Masker Kefir secara online, sudah sekitar 1 bulan. Target penjualannya anak-anak remaja yang lagi mengalami pubertas seperti siswa SMP, SMA, bahkan ada juga mahasiswa.

Pada mulanya Sisi berjualan iseng. Karena niat awalnya hanya untuk dikonsumsi sendiri. Tapi karena produknya diminati konsumen, akhirnya orang-orang juga ikut tertarik ingin mencoba dan membeli produk ini. Masker kefir dapat digunakan oleh siapa saja.

Biasanya, untuk kecantikan, pera -dangan, breakout di muka, dan lain-lain. Menurutnya, ada 100 penyakit yang bisa diobati, bahkan penyakit maag pun bisa disembuhkan oleh masker kefir.

Cara pembuatan masker kefir pun relatif mudah. Pertama masukan bibit kefir sama susu murni, lalu permentasi selama 2 hari. Setelah itu pisahkan antara lapisan bawah dan lapisan atasnya.

”Nah, lapisan atasnya yang agak kental itu bisa kita jadikan sebagai masker dan lapisan bawahnya itu bagus banget kalo diminum untuk kesehatan,” tutur Sisi kepada wartawan BB.
Sisi mengklaim, produk ini sangat diminati masyarakat. Rata-rata orang membeli cuman 2-4 produk. Tapi setelah mencoba produknya, mereka pesan kembali. Strategi promosi biasanya dari mulut ke mulut.

”Beli lagi, sampe kadang kita harus menolak orderan gara-gara masker kefir yang emang sangat terbatas, karena kita kan membuatnya tidak semudah masker-masker pada umumnya, harus benar-benar menjaga kualitasnya, sejauh ini pun respon mareka bagus-bagus aja, alhamdulillah sampai saat ini belum ada yang komplain, paling kalau komplain itu cuman kaya ‘ih masker nya jadi encer’, aku pasti langsung ganti sesuai sama apa yang mereka pesan dan sejauh ini belum ada yang komplain ‘ini aku ko jadi gini’, tuturnya.

Sisi memulai bisnis ini, dengan modal awal Rp 130 ribu. Dalam satu bulan sudah balik modal justru sudah mendulang profit. Menurutnya, bisnis on line masker kefir miliknya belum memiliki cabang, namun kini baru memiliki 2 reseller.

Sebetulnya bisnis masker kefir ini, saya belum aktif-aktif banget, usaha ini juga saya lakukan sambil sekolah berlokasi di Jalan Cijawura Hilir No. 53 Bandung. (Syaerin/job)***