Asinan Gedong Dalam Ikon Kuliner Bogor

292

Kota Bogor banyak menyimpan destinasi wisata terutama wisata sejarah,mulai dari keberadaan prasasti peninggalan kerajaan Padjadjaran hingga peninggalan Kolonial.

Peninggalan jaman kolonial yang paling fenomenal antara lain Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, namun bukan hanya kedua peninggalan itu yang menjadi tujuan para pelancong ke Kota Bogor yang juga terkenal sebagai surga kuliner.

Beberapa kuliner khas di antaranya , toge goreng,penganan berbahan dasar talas,soto mie,berbagai macam kue,hingga asinan. Asinan bisa jadi merupakan ikon kuliner Kota Bogor karena penganan ini unik dan jarang ditemukan di kota lainnya.

Berbicara mengenai asinan tidak bisa dilepaskan dari kawasan dengan sebutan Gedong Dalam , sebuah nama bangunan di Jalan Suryakencana . Bangunan itu didirikan oleh seorang Kapitan Cina (Pemimpin Cina) di kawasan tersebut, yakni Tan Goan Piauw (1825-1889).

Ia mendirikannya antara tahun 1875-1883 untuk menampung orang Cina bermarga Tan. Selain itu, orang Cina miskin yang tidak memiliki tempat tinggal, diperkenankan untuk tinggal di Gedung Dalam.Gedung itu sempat menjadi pusat kebudayaan Cina di Bogor.

Asinan Gedung Dalam atau Gedong Dalem keberadaannya dirintis sejak tahun 1970 oleh Chupong di Jalan Siliwangi . Toko aslinya hingga kini masih ditempati dan beroperasi meskipun Asinan Gedung Dalam sudah memiliki outlet di Komplek Ruko V Point, Jalan Pajajaran.

Asinan Gedung Dalam memang memiliki ciri khas, pedas dan asam tetapi tidak menyengat .Larutan yang dipergunakan untuk merendam buah tidak membuat hidung sesak karena sengatan bau asam. Mungkin, hal ini terjadi karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur dilakukan secara dadakan.

Pegawai asinan Gedong Dalem , baru mencampurkannya beberapa bahan saat pembeli datang. Selain itu, tidak ada bahan pengawet yang digunakan. Merahnya larutan untuk sebungkus asinan merupakan warna cabe , pewarna.

Sayur dan buah yang dipergunakan pun selalu dalam kondisi segar dan kualitas yang bagus. Terdapat dua jenis asinan , yakni asinan sayur dan asinan buah,untuk harganya sangat terjangkau hanya Rp 20.000/bungkus. (E-001) ***