Harga Hewan Kurban Melonjak

582

Menjelang hari raya idul adha 2017, penjualan hewan qurban sudah mulai terlihat di sejumlah titik di kota bandung. harga hewan qurban tahun ini mengalami kenaikan hingga tiga puluh persen, hal ini disebabkan dengan adanya mahalnya harga daging sapi dipasaran, serta pasokan dari produsen yang berkurang.

Dua pekan jelang hari raya idul adha 1438 hijriah, tahun dua ribu tujuh belas, penjualan hewan qurban sudah mulai marak disejumlah kawasan kota bandung. seperti yang terlihat dikawasan jalan gunung batu, kota bandung. para pedagang hewan qurban sapi dan domba sudah mulai memajangkan dagangannya dipinggir jalan. pada tahun ini, harga hewan qurban mengalami kenaikan, hingga tiga puluh persen, untuk hewan qurban sapi, dan dua puluh lima persen untuk hewan domba.

Kenaikan harga hewan qurban disebabkan oleh naiknya harga daging sapi dan domba dipasaran. minimnya rumput sebagai pakan akibat musim kemarau juga berdampak pada naiknya harga jual hewan qurban.

Selain itu, harga domba sendiri meningkat,salah satu penjual hanya menstok hewan qurbannya hanya dua puluh ekor, menurun di banding tahun lalu,hal ini di karenakan stok domba dari produsen yang berkurang.

Pada musim qurban tahun ini, penjual hewan qurban menjual satu ekor domba seharga paling murah 1,9 juta rupiah, dan sapi seharga dua puluh hingga tiga puluh enam juta per ekor, tergantung bobot dan jenis sapi.‎

YUWANA KURNIAWAN , BANDUNG TV .