Rusa di Istana Bogor Berasal dari Nepal Dibawa oleh Gubernur Jenderal Rafles

251

Melancong di Kota Bogor memang mengasyikan. Kita bisa mengunjungi berbagai macam tempat menarik. Salah satunya istana kepresidenan . Istana ini berdiri sejak awal tahun 1800-an. Tahun 1800-an Istana Bogor menjadi tempat tinggal Gubernur Jenderal Rafles.

Ia banyak melakukan penataan kawasan istana. Bahkan taman yang mirip dengan taman di Inggris yang tidak luput dari idenya. Keunikan lain di Istana Bogor yang menjadi favorit para pengunjung,yakni keberadaan ratusan rusa di halaman istana.

Keberadaan rusa ini didatangkan Rafles awal tahun 1808 dari Nepal yang kini beranak pinak hingga jumlahnya mencapai sekitar 800 ekor . Keberadaan rusa rusa ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat maupun pelancong yang datang ke Istana Bogor dan memberi makanan kepada rusa .

Ini menjadi bagian yang mengasyikan.Lain halnya dengan masyarakat atau pelancong yang tidak bisa memasuki kawasan istana,mereka bisa memberi makan rusa lewat pagar pagar istana.

Seakan sudah mengetahui kerumunan masyarakat atau pelancong. Kawanan rusa akan mendekati pagar dan menjulurkan lehernya mengambil berbagai sayuran yang diberikan masyrakat . Kegiatan member makan rusa ini biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari.Jumlah rusa yang cukup banyak ternyata menjadi persoalan tersendiri,dengan luas kurang lebih 28 hektar, kompleks istana Bogor sudah tidak ideal lagi menampung rusa sebanyak 800 ekor.

Oleh karena itu sejak beberapa tahun masyarakat atau institusi bisa mengajukan untuk memelihara rusa – rusa tersebut.Tentu saja prosesnya tidak gampang surat permohonan yang ditujukan kepada sekretariat negara dan beberapa tahapan proses , termasuk verifikasi dari sekretariat negara.

Setelah lolos seluruh proses , baru bisa memindahkan rusa tersebut. Atraksi melihat rusa tidak pernah sepi setiap harinya,bahkan setiap akhir pekan atau masa liburan pelancong akan berjubel di sekeliling pagar Istana Bogor. Keberadaan rusa di kawasan Istana Bogor memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengenalkan keragaman hewan kepada anak anak. (E-001) ***