E-Commerce Dorong Produk Lokal Kuasai Pasar dalam Negeri

116

PERTUMBUHAN industri e-commerce di Indonesia semakin pesat, bahkan digadang-gadang, akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Meskipun banyak produk dari luar (impor) yang masuk, produk-produk lokal dengan merek nasional mulai mengokohkan posisinya di pasar dalam negeri. Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm, meyakini produk-produk nasional berpotensi besar untuk menembus pasar Asia melalui e-commerce.

Karena itu, sebagai destinasi belanja online, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pemilik merek lokal untuk memasarkan produk-produk yang mereka hasilkan. “Dengan jaringan penjualan, kami sangat optimis bisa mendukung para pemilik merek Indonesia untuk mengembangkan usahanya secara online dan merangkul lebih banyak konsumen di seluruh Nusantara. Terlebih dengan dijalankannya program gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia,” kata dia.

Saat ini, Florian melanjutkan, Lazada Indonesia sudah cukup banyak tersedia produk-produk dengan merek nasional Indonesia dari berbagai kategori dan diproduksi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti busana muslim, sepatu dan sandal, furniture, asesoris perempuan hingga kopi.

Beberapa produk yang cukup menonjol dan mendapatkan sambutan hangat dari konsumen adalah furniture dan perlengkapan rumah tangga merek Oscar Living yang diproduksi di Jepara, Jawa Tengah. Beberapa produk favorit lainnya seperti sepatu dan sandal merek Marlee yang diproduksi di Bogor, Jawa Barat, aksesoris perempuan merek Vona yang dibuat oleh perempuan-perempuan Bali di Pulau Bali, serta Kopi Sidikalang yang diproduksi di Medan, Sumatera Utara. “Dengan semangat kemerdekaan 17 Agustus, mari kita bersama-sama bangkitkan kebanggaan menggunakan produk merek lokal Indonesia dan dukung usaha UKM di seluruh pelosok negeri,” tuturnya. (C-003/vn)***