Tips Pilih Belanja Bulanan atau Harian?

152

KEBUTUHAN sehari-hari terus meningkat, tidak hanya kebutuhan pokok, namun juga penunjang. Misalnya kebutuhan yang menunjang pekerjaan seperti bensin dan ongkos transportasi.

Oleh karena itu, banyak orang melakukan penghematan atau memilih mencari tambahan dana di luar gaji per bulan. Untuk menyiasati hal tersebut, alangkah baiknya kita dengan bijak memilah-milah cara membelanjakan kebutuhan sehari-hari. Perencana Keuangan Andi Nugroho meĀ­ngatakan, sebenarnya sama saja antara belanja bulanan atau harian tergantung pada keperluan dan anggaran masing-masing.

“Menurut saya kalau goals-nya adalah agar berhemat, sama-sama saja tuh ataupun kalau beda hanya beda tipis hasilnya,” ungkapnya. Sementara itu, untuk tingkat hemat waktu atau kerepotan maka lebih baik yang bulanan.

Karena jika belanja harian itu memakan waktu setiap hari harus belanja sehingga bagi yang sibuk itu sangat mengganggu waktu sehingga belanja bulanan lebih hemat waktu. “Malah mungkin bisa lebih mahal dan melelahkan bila belanjanya harian karena butuh tenaga, waktu dan mungkin ongkos ke pasar atau toko,” tukasnya. (C-003/rzk)***