Pentas Drama Tari Sangkuriang Di Belantara Hutan Pinus

609

Pentas seni tari lazimnya digelar di dalam ruangan. tapi, ada hal yang lain di kampung cibodas lembang. sejumlah warga mementaskan drama tari sangkuriang, di belantara hutan pinus, tepatnya di patahan sesar gunung tangkuban perahu, lembang bandung barat, kamis malam. tari sangkuriang yang diambil dari cerita lengendaris di tanah pasundan tersebut pun menjadi daya tarik penonton dari luar negeri.

Sangkuriang yang merupakan legenda tua tatar pasundan, terkait erat dengan keberadaan gunung tangkuban perahu, di lembang, kabupaten bandung barat. cerita tersebut erat kaitannya dengan perjalanan dayang sumbi, dan anaknya, yakni sangkuriang. kini, untuk pertama kalinya, legenda sangkuriang dituangkan dalam drama tari yang dimainkan warga desa cibodas, lembang, kamis malam.

Uniknya, pentas drama tari sangkuriang ini digelar di hutan pinus, tepatnya di patahan sesar gunung tangkuban perahu, lembang. tarian yang dipadukan dengan suara gamelan, serta udara yang sejuk, membuat takjub warga lokal maupun mancanegara, yang menikmati pentas tari drama sangkuriang tersebut.

Penyelenggara, heni smith mengungkapkan, tema sangkuriang merupakan cerita lengendaris dari jawa barat, karena ingin melestarikan budaya. penarinya pun bukan pemain profesional.

Seorang penonton dari amerika, jenny mengaku, suka dan bangga melihat pentas tari sangkuriang.

Rencananya, drama tari tersebut akan terus dikembangkan dan dipertunjukan di kawasan objek wisata lembang. selain bisa menarik wisatawan, juga menjaga kelestarian budaya lokal jawa barat.

ALGI MUHAMMAD GIFARI, BANDUNG TV.