Kawasaki Fun Adventure 6, Menikmati Pesona Alam Palabuan Ratu

153

Event tahunan Kawasaki Fun Adventure kembali hadir dan berlangsung pada 19-20 Agustus 2017 yang lalu. Perhelatan trail adventure untuk tahun 2017 ini hadir dengan konsep baru. Pihak penyelenggara mengemas kegiatan adventure bersama entertaiment menjadi Two Day Adventure dan berlangsung di Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Bagi PT Citra Karya Pranata selaku maindealer Kawasaki di Jawa Barat penyelenggaraan KFA ini merupakan kegiatan ke enam sejak digelar pertama kalinya pada tahun 2009.

Dalam pelaksanaan Kawasaki Fun Adventure jilid ke enam ini, dibantu secara langsung oleh Nanang Sale Dogman CS bersama komunitas setempat , yaitu Palabuhanratu Adventure Association atau yang lebih dikenal dengan nama PADASS.  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang terbuka untuk semua pihak dan semua komunitas offroad. Aktifitas petualangan merupakan upaya menjalin komunikasi dan silaturahmi de­ngan semua pecinta offroad.

”Hobi otomotif ini sangat dekat dengan lingkungan alam maupun sektor wisata. Kegiatan inipun diselaraskan dengan tujuan untuk memperkenalkan sektor wisata di Kabupa­ten Sukabumi.

Nuansa even dirancang dengan suasana petualangan alam terbuka. Kegiatan ini dikemas lebih menekankan kepada fun adventure serta menjalin silaturahmi antar sesama offroader, dan memupuk tali persaudaraan antara offroader yang ada Indonesia, khususnya Jawa Barat,” ujar Diki Nugraha, Marketing Communication Manager PT. CKP.

Kawasaki Fun Adventure 6 diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi tepatnya di Palabuhanratu yang notabene merupakan bagian dari Geopark Nasional Ciletuh yang pada saat ini sedang dalam proses penilaian oleh (UNESCO) untuk menjadi UNESCO Global Geopark. Wilayah Kabupaten Sukabumi yang cukup luas, serta potensi wisata dengan keragaman kontur dan panorama alam pesisir pantai dan pegunungan yang indah, menjadi pertimbangan pemilihan lokasi KFA ini.

”Pecinta wisata alam atau petuala­ngan khusus para offroader Sukabumi memang adalah surganya bertualang menggunakan motor trail pasalnya di daerah Sukabumi ini memiliki banyak jalur maupun lokasi ekstrem yang bisa memicu adrenalin para offroader,” papar H.Marwan Hamami, Bupati Sukabumi.

Sebanyak 467 offroader yang datang dari berbagai kota berkumpul dan melakukan penjelajahan. Dipandu secara langsung oleh MC Kondang Van Hauw dan Abah Guru, para peserta yang dilepas secara bergantian dari lapangan Leuweung Datar Desa Sukasirna Cibadak Sukabumi.

Para Offroader melakukan perjalanan etape pertama menempuh jarak sepanjang 120 kilometer. Keseluruhan offroader melewati jalanan aspal sepanjang 2 kilometer. Kemudian mereka menyusuri jalanan pedesaan dengan kondisi bebatuan dan juga menyusuri perkebunan sawit Cikidang yang berkarater speed, hingga memberikan keleluasaan para offroader untuk memacu kuda besinya.

Konfigurasi tanah di kawasan ini pada umumnya bergelombang dan sangat variatif. Dengan membesut gas lebih kencang para offroader bisa sambil menikmati pemandangan alam yang sangat mengesankan. Intinya dalam event KFA6 ini, para peserta dibuat puas dengan sajian jalurnya tanpa kendala apapun.

Para peserta begitu mudah melewati setiap tahapan trek, karena rambu-rambu penunjuk jalan yang dibuat oleh Dogman CS begitu jelas dan tak khawatir akan tersesat.  Setelah menginap satu malam, perjalanan adventure dilanjutkan pada hari kedua. Para peserta yang telah mempersiapkan diri sejak pagi hari, akan melewati jalur atau trek yang berbeda.

Beberapa rombongan offroader telah mempersiapkan diri untuk bergegas melakukan penjelajahan selanjutnya. Trek etape kedua ini mempunyai jarak tempuh sepanjang 90 kilometer.

Mereka bertolak dari kawasan wisata Palabuhanratu dengan menyusuri jalanan aspal. Secara berkelompok dan beriringan, para dirtracker mania langsung menyusuri trek bebatuan di kawasan hutan karet, menaiki bukit terjal dan turunan curam yang disertai berbagai handicap dan tentunya pemandangan yang indah.

Keelokan alam di Jawa Barat, khususnya di Sukabumi membuat setiap orang takjub, termasuk para penggemar otomotif hobi yang ikut andil dalam kegiatan Kawasaki Fun Adventure 6. Para offroader begitu menikmati hamparan pasir pantai sambil menelusurinya hingga tiba di garis finish. (E-002)***