RSHS Tangani Balita Kembar Siam Asal Garut

55

Rumah sakit hasan sadikin, bandung merawat anak kembar siam berusia tiga tahun sepuluh bulan, asal garut. kedua anak pasangan iwan kurniawan dan yani itu, dirujuk ke rshs pada 25 agustus, dengan kondisi dempet perut dan memiliki tiga kaki. untuk penanganan medis, tim medis rshs hanya akan memotong salah satu kaki pada kedua anak kembar siam tersebut.

Setelah berusia tiga tahun 10 bulan, anak kembar siam conjoint twin abdominophygophagus asal kampung padasari kabupaten garut, berobat ke rshs bandung.

Kedua anak dengan berat 18 kilogram ini, lahir pada 29 oktober 2013, dengan kondisi dempet perut dan memiliki tiga kaki. setelah diperiksa mendalam, terdapat organ lain yang berdempet yaitu hati, dan beberapa tulang tidak pada posisinya. karena kondisi tersebut, untuk sementara kedua anak tersebut belum memungkinkan untuk dipisahkan.

Berdasarkan indikasi medis, salah satu kaki sering dikeluhkan sakit oleh pasien, dan mengganggu mobilitas mereka. untuk jangka pendek, tim pemisahan bayi kembar siam rshs pun akan mengoperasi pengangkatan satu kaki tersebut, untuk meningkatkan kualitas hidup keduanya.

Kini, kedua anak yang sangat ceria ini dirawat di ruang kemuning, dan masuk rawat inap rshs 25 agustus 2017. orang tua mereka menamai sang kakak dengan alputri anugrah, sementara adiknya alputri dewiningsih.

Putri kedua dan ketiga dari iwan kurniawan dan yani ini, lahir di tanjung pinang, dirawat di rsud kijang, kemudian dirujuk ke rs angkatan laut, lalu dirawat di rs awal bros riau. selanjutnya, mereka dirujuk ke rsupn doktor ciptomangunkusumo, kemudian pulang ke garut karena kehabisan dana.

YUWANA KURNIAWAN, BANDUNG TV.