Dodol Chocodot, Sebuah Inovasi Kuliner Khas Garut

81

Garut sangat identik dengan dodol. Penganan yang terbuat dari tepung beras ketan dicampur gula dan bahan lainnya sangat melegenda dan menjadi ikon kuliner Garut. Untuk mendapatkan dodol Garut sangat mudah, karena banyak dijajakan di toko/gerai ole-oleh di Kota Garut .

Sebagai ikon kuliner Garut , dodol tidak hanya bisa diidapatkan di Kota Garut saja, namun sudah tersebar ke berbagai daerah. Awalnya dodol hanya memiliki satu rasa saja, yaitu rasa orisinal, namun saat ini kita bisa menemukan dodol dengan aneka rasa .

Inovasi mengenai dodol seakan tidak berhenti,saat ini ada sebuah kolaborasi unik antara coklat dan dodol, pe­nganan ini dinamakan chocodot . Kepopuleran chocodot membuat para pelancong sa­ngat penasaran ingin mencicipinya. Hampir semua orang menyukai cokelat, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat adalah cemilan yang memilik banyak manfaat. Ketika kita mendeskripsikan cokelat, yang terlintas adalah rasa enak.

Perpaduan unik ini merupakan inovasi dari pengusaha dodol di Kota Garut. Dodol memang terkenal dengan rasanya yang manis, dengan campuran cokelat terbaik Anda tidak perlu khawatir lagi dengan manisnya dodol karena cokelat dark yang kaya antioksidan, malah akan memberikan efek positif terhadap kesehatan jantung Anda. Proses pembuatan untuk menghasilkan chocodot ini terbilang mudah dan sederhana. Ada tiga varian cokelat yang digunakan dalam pembuatan chocodot yaitu dark chocholate, white chocolate, dan milk chocolate.

Cokelat-cokelat batangan ini pertama-tama dilelehkan lalu dicetak kembali de­ngan diisi dodol aneka rasa pada bagian tengahnya. Dodol yang digunakan adalah dodol keju dan dodol buah-buahan seperti jeruk, sirsak, duren, dan lain-lain. Proses berikutnya setelah dodol dimasukkan ke dalam cokelat adalah mendinginkan cetakan dengan suhu di bawah 400 C, hingga adonan cokelat dan dodol benar-benar menyatu.

Hal unik dari chocodot adalah penamaan beberapa produknya, seperti ”cokelat obat stres” yang merupakan cokelat rasa mint. Ada juga ”cokelat enteng jodoh” yang memiliki tiga varian yakni milk, soft, dan dark. Kemudian ada lagi ”cokelat rasa sayang” yaitu cokelat dengan rasa milk.Lain lagi dengan ”cokelat cegah alay” yang memiliki dua jenis rasa. Penamaan cokelat yang unik ini jelas semakin menjadikan chocodot sebagai produk inovatif dan kreatif yang menarik hati.

Kiki Gumelar salah seorang pengusaha chocodot mengharapkan, chocodot bisa mengangkat citra kuliner Indonesia di mata dunia dan kuliner Garut khususnya. Sang kreator chocodot ini juga ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia juga memiliki coklat yang tak kalah lezat dibanding cokelat-cokelat lain buatan luar negeri.Kiki berharap dengan beragam kreasi cokelatnya bisa memperkaya sajian kuliner khas Garut. (E-001) ***