Tips Ringan Modifikasi Mobil untuk Harian

67

Ingin tampil beda dari kendaraan lainnya, pemilik kendaraan pasti akan memo­difikasi mobilnya. Tapi sebelum memutuskan untuk memodifikasi, pastikan Anda sudah menentukan tema yang diambil. Tapi perlu dicatat mobil yang Anda modifikasi ini lebih untuk daily use (harian) atau untuk road show.  Apalagi untuk modifikasi harian, kalau bisa harus se­simpel mungkin, namun tidak norak jika dilihat di jalan.

”Kalau untuk memodifikasi dari kendaraan, tentu­nya kita harus melihat apakah kendaraan tersebut dibuat harian atau untuk road show ikut kontes modifikasi. Tapi kalau untuk pakai ha­rian lebih ke-tema yang simpel yang dapat diaplikasikan,” ujar Tomi Gunawan, Builder dari bengkel modifikasi Tomi Airbrush.

Tomi menjelaskan, keamanaan berkendara dan juga grafis yang dipakai harus seimbang dengan mobil, sehingga dari kendaraan yang dimodifikasi dapat diaplikasikan dengan baik.
”Kalau untuk harian seperti penggantian warna harus gunakan striping-striping yang simple dan tidak terlalu norak. Kemudian kalau Anda bingung bisa gunakan striping dari OEM atau tim balap yang sudah ada dari mobil yang Anda beli. Misalkan mau ambil kesan sporty, biasanya merek tertentu punya tim balap dan bisa diikuti juga,” sambung Tomi. Tetapi, menurut Tomi, jika punya ide dan kreativitas sendiri yang bisa dikembangkan, bisa pasang striping-striping pada garis bodi.

Untuk bagian kaki kaki , Tomi menyarankan agar tidak menggunakan velg yang terlalu besar.
Karena ketika menggunakan velg yang terlalu besar kadang – kadang bermasalah untuk manuver seperti saat belok akan mentok. ”Menurut saya itu tidak nyaman,” katanya.
Selain itu untuk perubahan bodi kit, Tomi menyebut , bodi kit yang umumnya layak jalan. Jangan bodi kit yang terlalu ceper karena jalan di Indonesia banyak yang rusak dan banyak polisi tidur. Usahakan jarak pada aspal dari kendaraan atau ground clearence masih masuk akal digunakan. ”Ya maksimal 5cm dari tanah,”ujar Tomi. (E-002/BBS)***