Trabas Merdeka XV 275 Kilometer, Berjelajah dari Ciamis hingga Sumedang

54

Sejak penyelenggaraan pertama kali , lima belas tahun silam, menjadi ciri khas perhelatan Trabas Merdeka (TM). Even yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini lebih difokuskan pada kentalnya nuansa petualangan dan wisata. Tentu saja , menjadi even yang sangat dinanti oleh kalangan penggemar offroad roda dua. Sesuai dengan namanya, perhelatan adventure dengan motor trail ini digelar untuk mewadahi pegiat offroad yang dilaksanakan untuk memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-72.

Tidak seperti biasanya, untuk penyelenggaraan tahun ini, Trabas Merdeka hadir dengan 2 hari (tgl 26 -27/8) perjalanan adventure yang diikuti 500 offroader yang datang dari berbagai kota. Untuk Trabas Merdeka yang ke-15 , dimulai dari kawasan wisata alam Ciung Wanara Kabupaten Ciamis , dilepas oleh Bupati Ciamis Iing Syam Arifin, Sabtu (26/8/18). Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan memperkenalkan beberapa kawasan wisata potensial yang ada di Kabupaten Ciamis.

”Selain itu even ini sangat positif , bukan sebagi ajang hura-hura belaka. Banyak manfaat yang bisa didapat, selain membuka jalur atau akses jalan yang sulit dilalui oleh kendaraan biasa, juga untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki oleh sebuah daerah ,” ujar Iing Syam Arifin menambahkan. Dari tempat star para peserta langsung menyusuri jalanan perdesaan hingga menuju Situ Haurgeulis di Desa Sukahurip, Kec. Cisaga, Ciamis, dengan jarak tempuh kurang lebih 50 km, tentu saja dengan su­guhan jalur trek yang mengasyikkan.

Dari Situ Haurgeulis para peserta melanjutkan berpetualang pada medan trek sepanjang 60 km menuju finish etape pertama di Situ Panjalu. Perlu diketahui, Situ Panjalu memiliki keindahan panorama danau yang cantik. Selain itu, Situ Panjalu punya daya tarik karena hawanya sangat sejuk dan pepohonan rindang. Panjang trek etape pertama, berjarak 110 km. Sedangkan etape kedua dengan rute Situ Panjalu hingga kampung Toga Sumedang mencapai 165 kilometer.

Dibutuhkan mental dan nyali yang memadai, serta kesiapan kendaraan yang prima untuk berjelajah dalam kegiatan yang total menempuh perjalanan sepanjang 275 kilometer , terbagi dalam 2 etape penjelajahan. ”Trabas Merdeka , menjadi ajang pembuktian bagi para petualang sejati,” kata Wawan Stress, Ketua Pelaksana Trabas Merdeka XV. Para pelaku kegiatan sangat menikmati berbagai tahapan trek yang ditempuh dalam etape pertama dan kedua. Pemandangan yang indah saat dalam perjalanan, menjadi penghilang rasa lelah peserta. (E-002)***