Cara Mudah Jadi Kaya

148

MENJADI kaya, tentunya menjadi impian bagi semua orang. Dengan kaya raya, tentunya apapun yang diinginkan bisa didapatkan. Dapat dikatakan jika dengan kaya, akan membuat kehidupan Anda lebih terjamin.

Namun, menjadi kaya bukanlah hal yang mudah dicapai, apalagi jika Anda tidak mau bekerja keras. Tanpa adanya kerja keras, tentunya Anda tak bisa mendapatkan kekayaan yang diinginkan.

Selain itu, menjadi kaya adalah hal yang mudah jika Anda mengetahui trik yang tepat bagaimana mengelola dan menggandakan harta yang dimiliki agar bisa bertambah banyak. Berikut ini, beberapa cara dari berbagai sumber yang bisa dilakukan untuk menjadi kaya.

  1. Mulai investasi

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk melipat gandakan kekayaan yang dimiliki adalah dengan berinvestasi. Melakukan investasi, tentu harus membutuhkan skill dan pengalaman agar bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Meskipun begitu, investasi merupakan pilihan yang bijak dan rasional dibandingkan mengeluarkan uang hanya untuk hal-hal yang tidak penting. Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, salah satunya investasi pada aset produktif.

Misalnya seperti perkebunan, atau sawah yang dapat menghasilkan pendapatan setiap waktunya, serta mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan berjalannya waktu. Anda juga bisa menjalankan bisnis real estate, bisnis ini akan selalu meningkat nilainya setiap tahun.

Hal ini, karena kebutuhan yang semakin meningkat, namun sumber daya alamnya yang sangat terbatas. Sehingga, investasi seperti ini tak akan membuat Anda rugi, malah akan menguntungkan.

  1. Mengambil utang produktif

Yang dimaksud dengan utang produktif di sini adalah utang yang dapat menguntungkan. Tak semua utang dapat berakibat buruk, bahkan beberapa di antaranya bisa membuat kekayaan semakin bertambah, saat Anda mengelolanya dengan tepat.

Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berutang, serta bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan utang tersebut agar dapat menguntungkan. Anda bisa menggunakan utang tersebut untuk bisnis, investasi, atau hal-hal yang menguntungkan ke depannya.

Jangan menggunakan utang untuk hal yang konsumtif, karena hanya akan merugikan Anda ke depannya. Jadikanlah utang tersebut untuk menambah pemasukan setiap waktunya.

  1. Investasi jangka panjang

Keadaan ekonomi yang terus berubah setiap waktunya menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kebanyakan orang. Sehingga, setiap orang harus memiliki trik tersendiri untuk menyiasati keadaaan ini. Salah satunya dengan melakukan investasi jangka panjang.

Banyak kisah investor yang sukses bisa mendapatkan keuntungan sebesar 85 persen, karena adanya strategi yang tepat. Strategi yang tepat yang dimaksud di sini adalah strategi buy and hold, atau yang lebih dikenal dengan beli dan tahan.

Strategi ini sangat tepat digunakan untuk melipat gandakan kekayaan yang dimiliki. Prinsip ini juga digunakan oleh Warren Buffet yang merupakan orang terkaya di dunia.

Prinsip ini membuat Anda harus membeli investasi, kemudian menyimpannya hingga beberapa waktu ke depan. Anda dituntut untuk jeli ketika melihat perusahaan yang memang tepat untuk dijadikan sebagai tempat investasi jangka panjang.

  1. Menunda keinginan

Tentunya, setiap orang memiliki keinginan tersendiri, bahkan beberapa diantaranya memiliki keinginan yang melebihi dari yang diperlukan. Hal ini bila dibiarkan terus menerus, tentu akan membuat tabungan terkuras habis. (asp)

Sehingga, mau tidak mau, Anda harus menunda kepuasan tersebut. Fokuslah pada hal-hal yang akan datang, sehingga Anda harus berpikir berpuluh-puluh kali sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Ubah pola pikir untuk tujuan jangka panjang agar kesehatan finansial tetap terjaga.

  1. Hemat dalam belanja

Trik lainnya yang bisa digunakan untuk melipatgandakan kekayaan yang dimiliki adalah cermat dalam membelanjakan uang. Banyak orang yang kurang berhati-hati saat membelanjakan uang dalam jumlah besar, namun seringkali kurang berhati-hati saat membelanjakan kebutuhan kebutuhan kecil.

Meskipun bernilai kecil, namun jika dikumpulkan, tentunya akan berjumlah sangat banyak. Sebab itu, bijaklah dalam menggunakan uang demi tujuan jangka panjang Anda.

  1. Ubah pola & gaya hidup

Menjadi kaya bukanlah hal yang sulit untuk diraih, asalkan Anda bisa mengubah pola serta gaya hidup Anda. Hindari gaya hidup yang sifatnya konsumtif, lebih baik usahakan menabung sejak dini, sehingga membantu melipatgandakan kekayaan yang Anda miliki. (C-003/bbs)***