Sore Hari di Situ Gede Tasikmalaya Menyantap Ikan Nila Bakar

43

Berkunjung ke kota santri Tasikmalaya selalu memberikan pengalaman luar biasa. Wilayah Priangan Timur ini dikenal memiliki berbagai destinasi unik dan menarik. Berbekal alasan ini Mandalawangi mengunjungi beberapa obyek wisata di Tasikmalayah. Tempat yang  saya kunjungi ialah Situ Gede,dari pusat kota  berjarak 5 kilometer dengan aksebilitas cukup bagus. Situ Gede merupakan danau alam seluas 47 hektar. Pada jaman kolonial, sekitar tahun 1932 danau ini di fungsikan sebagai sarana irigasi yang mampu mengairi lahan persawahan seluas 4000 hektar.

Cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini ,namun yang menjadi favorit ialah mengelilingi Situ Gede menggunakan perahu. Saya tidak banyak membuang waktu,begitu sampai di lokasi langsung menaiki perahu yang disewakan bagi pengunjung dengan tarif Rp 10.000/orang. Matahari sore yang lembut mengiringi perjalanan saya di atas perahu,panorama situ dilihat dari atas perahu terlihat cantik,terlebih pantulan sinar matahari sore menciptakan suasana romantis.Perjalanan mengelilingi situ biasanya ditempuh selama 30 menit dengan laju perahu  perlahan.

Ditengah situ terdapat ciri khas yang menjadi daya tarik Situ Gede , yakni sebuah pulau yang berada di  tengah danau. Di pulau seluas satu hektar tersebut terdapat makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh penguasa masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat Tasikmalaya. Makam Eyang Prabudilaya hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar danau.  Sebab  itu, selain sebagai obyek wisata alam, Situ Gede juga bisa dijadikan tujuan wisata religi sekaligus wisata sejarah.

Situ Gede juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem karena banyak tanaman tropis yang tumbuh mengelilingi danau ini. Sebagian besar penduduk di sekitar danau menggantungkan hidupnya pada populasi habitat biota di Situ Gede sebagai  penghasil ikan, sehingga tidak mengherankan apabila Situ Gede juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan, baik dengan cara dipancing atau menggunakan alat jaring.

Keunikan lain di tempat ini ialah pesona kuliner ikan nila bakar,kelezatan ikan yang dibakar dengan bumbu khusus  menjadi magnet bagi para pelancong yang berkunjung.Untuk harga ikan bakar  tidak perlu khawatir semuanya sangat terjangkau,para pemilik warung makan biasanya mendapatkan pasokan ikan dari para nelayan setempat. (E-001) ***