Dampak Negatif Ponsel Pintar pada Remaja

94
Teenagers lying on floor with Ipad and mobile

PENGGUNAAN ponsel pintar di kalangan masyarakat, apalagi remaja bukan lagi hal yang baru. Selain bisa memberikan dampak positif bagi para penggunanya, ponsel pintar juga memiliki dampak yang tidak baik, terutama bagi pengguna remaja.

Dinukil dari laman BBC, Dr Jean Twenge, mengatakan bahwa banyak anak-anak remaja saat ini menghabiskan waktu mereka di depan layar gadget.

“Banyak anak muda yang menghabiskan waktu mereka di depan layar. Kemungkinan mereka merasa tidak bahagia, merasa sendiri sampai merasa kesepian,” ungkapnya.

Mereka yang lebih banyak menggunakan ponsel pintar bisa menjadi pribadi yang tidak respect terhadap lingkungan sekitarnya. “Mereka bahkan tidak bisa respect dengan kondisi di sekitar,” ujarnya.

Generasi ini banyak menghabiskan waktu mereka di depan ponsel pintar. Dimana hal tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Banyak dari mereka juga tidak melakukan hal bersama orang-orang terdekat.

“Mereka tidak banyak melakukan shopping bahkan mereka juga tidak bertemu dengan teman-teman secara personal. Jumlah anak remaja yang pergi bersama orangtua mereka pun mengalami penurunan,” jelasnya.

Karena itulah, orangtua memiliki peran penting dalam membatasi penggunaan ponsel pintar pada anak-anak remaja mereka. “Batasi dalam penggunaan ponsel pintar bagi remaja,” tambahnya.

Sebagai informasi, Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan penggunaan ponsel pintar paling aktif. Bahkan ponsel pintar menjadi salah satu alat komunikasi paling utama bagi masyarakatnya. (C-003/bbc)***