Reorganisasi Rampung, Google Berubah Jadi PT

71

ALPHABET Inc., perusahaan induk Google membentuk perusahaan induk baru yang dirancang untuk menyelesaikan evolusinya dari Google menjadi perusahaan induk dengan “senjata” yang berbeda.

Entitas baru yang dijuluki XXVI Holdings Inc. akan memiliki ekuitas setiap perusahaan Alphabet, mencakup Google. Struktur baru secara legal memisahkan Google dari unit lain seperti Waymo, bisnis mobil tanpa awak, dan Verily, perusahaan perangkat medis dan data kesehatan.

Pendiri Google, Larry Page, mengumumkan Alphabet dua tahun lalu untuk mendorong bisnis yang beroperasi secara independen dari Google. Secara teknis, unit-unit tersebut yang disebut “Other Bets” masih merupakan anak perusahaan Google.

Struktur baru yang diresmikan akhir pekan lalu, memungkinkan “Other Bets” menjadi anak perusahaan Alphabet dengan pijakan hukum yang sama dengan Google. Google sendiri berubah menjadi perusahaan perseroan terbatas (PT) atau LLC.

Menurut juru bicara Alphabet Gina Weakley Johnson, perubahan itu, tak akan mengubah cara bisnis membayar pajak. Peralihan ini sebagian terkait dengan transformasi Google dari perusahaan publik yang terdaftar menjadi bisnis yang dimiliki oleh perusahaan induk.

Sementara itu, menurut firma hukum Buchalter Dana Hobart, perubahan tersebut membantu menjadi potensi tantangan dalam satu bisnis agar tak menyebar ke yang lain.

“Dengan memisahkan mereka, itu memungkinkan perusahaan induk membatasi pemaparan berbagai kewajiban LLC. Misalnya, jika salah satu dari LLC memiliki hutang sendiri, hanya saja LLC akan bertanggung jawab atas pembayaran hutang itu,” kata Hobart dikutip BB dari Bloomberg, Selasa (5/9/2017).

Korporasi sering dibentuk untuk mengumpulkan uang dari investor publik yang mengharapkan pengungkapan atas kinerja keuangan, dan Google melakukannya pada penawaran umum perdana (IPO) pada 2004.

Kini, itu dimiliki oleh Alphabet, jadi secara efektif hanya memiliki satu investor dan tak ada kewajiban pengungkapan publik. Struktur LLC lebih sesuai dengan situasi ini. Waymo juga merupakan LLC.

XXVI, nama entitas induk baru merupakan jumlah huruf dalam Alphabet yang dinyatakan dalam angka Romawi. Jumlah pembelian dua saham paling baru kedua perusahaan tersebut berasal dari persamaan matematika yang melibatkan angka 26.

“Saya masih melihat peluang luar biasa yang belum berkembang sepenuhnya, dan membantu membuat mereka nyata merupakan apa yang saya sukai,” tulis Page dalam sebuah surat tahun lalu tentang Alphabet.

Struktur baru tersebut diungkapkan dalam sebuah pengajuan pada Jumat lalu dengan Federal Communications Commission (FCC). Bisnis yang memagang lisensi FCC seperti Waymo dan layanan internet Fiber, diminta untuk mengajukan pengajuan tersebut.

“Sebagai hasil reorganisasi perusahaan, Alphabet dan Google akan bisa beroperasi secara lebih efisien, ekonimis, dan transparan, sehingga perusahaan bisa berkonsentrasi pada kegiatan menghasilkan pendapatan mereka,” pungkasnya. (C-003/din)***