Kapan harus Ganti Ban ?

111

Ban sebagai salah satu bagian penting dalam komponen kendaraan harus memiliki perhatian khusus. Ban yang sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram.

Sehingga sangat berbahaya apabila digunakan pada kondisi jalan basah, melakukan manuver atau mengerem mendadak. Sehingga penting bagi kita untuk tahu kapan waktu yang tepat mengganti ban kendaraan.

Ban mobil tentu memiliki tanggal kedaluwarsa yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan setidaknya jika sudah digunakan selama enam tahun ban diganti dan harus segera diganti setelah 10 tahun pemakaian.

Di lingkaran ban tercantum kode-kode produksi sebagai keterangan umur ban. Sangat sulit mengatakan berapa lama ban bisa awet karena tiap ban mempunyai kriteria dan kekuatannya berbeda.

”Setiap pabrikan ban menawarkan garansi waktu pemakaian yang berbeda-beda. Kalau umur ban ada dua. Umur bannya sama umur pemakaiannya. Jadi kalau pemakaiannya maksimal 40.000 km. Kalau di bawah 40.000 km tapi penggunaannya sudah tiga tahun, itu biasanya karetnya sudah mulai retas, sudah mulai retak-retak,” kata seorang teknisi bengkel Hadi Motor Bandung.
Langkah-langkah praktis untuk mengenali kondisi ban mobil.

– Cek kedalaman alur kembang ban
Jika kedalaman alur kurang dari 1.6 mm, berarti ban sudah tergolong aus dan perlu diganti.

– Perhatikan sisi luar kembang ban
Jika terdapat retakan, ban sudah harus diganti dengan yang baru.

– Perhatikan apakah ada benjolan atau tidak
Jika memang ada benjolan, maka ban harus lekas diganti. Hal ini karena ban dengan benjolan biasanya tidak tahan panas, dan dapat me­ngakibatkan pecah jika dibiarkan terlalu lama.

– Perhatikan indikator segitiga dan TWI
Langkah selanjutnya adalah memerhatikan tanda segitiga yang ada di sela-sela alur kembang ban dengan huruf TWI (tread wear indicator). Tanda ini merupakan patokan keausan ban. Jika ketebalan kembang ban sudah sama dengan tanda TWI atau bahkan melebihi, artinya ban mobil sudah aus dan perlu dilakukan penggantian secepatnya.

Beberapa pabrikan ban ada yang menawarkan garansi hingga 80.000 mil atau lebih untuk membuktikan bannya tahan lama berkat teknologi dan desain yang diusungnya.

Di Amerika setiap tahunnya rata-rata pengendara berkendara sekitar 14.000-15.000 mil atau sekitar 22.000-24.000 km. Jika si pengendara rajin memeriksa dan merawatnya, sebenarnya tak perlu menggantinya setahun sekali karena saat ini rata-rata ban bisa tahan hingga 96.000-an km.

Dan juga menyarankan pengendara bisa menghitung kapan waktunya mengganti ban. Misalnya saja berapa kilometer jarak yang ditempuh setiap tahunnya dibagi de­ngan tahun kepemilikan mobil.

Selain itu, agar ban tetap awet, perawatan harus dilakukan. Tetap jaga suhu dalam ban. Jika terlalu panas, ban tidak akan berumur panjang. Penggunaan nitrogen pun disarankan. Nitrogen bisa tetap menjaga kondisi panas pada ban. (E-002)***