BUMDes Citali Manfaatkan Sumber Air Jadi Potensi Usaha

38

BISNI BANDUNG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ”Berdikari” Desa Citali Kecamatan Pamulihan mengembangkan potensi yang dimiliki wilayahnya dengan mendirikan usaha air minum mineral Kangen Water Tali Kahuripan.

Usaha BUMDes Desa Citali yang dilaunching beberapa waktu lalu, kini sudah banyak dikonsumsi masyarakat sekitar dan luar wilayah Desa Citali dengan kapasitas produksi antara 30- 40 galon/hari. Menurut Kepala Desa Citali, Nana Nuryana, keberadaan sektor usaha BUMDes ini disambut antusias oleh warga. Sebab itu, pihaknya terus mensosialisasikannya agar bisa diketahui oleh masyarakat luas di luar warga Desa Citali.

“Kami melakukan inovasi dengan mengolah potensi yang ada dengan mendirikan sektor usaha air mineral Kangen Water,” ujar Nana yang didampingi Ketua Bumdes Drs. Ian Muniran,Selasa (12/09/17). Dijelaskan Nana, sumber air yang menjadi bahan pokok berasal dari sumber mata air di wilayah Desa Citali yang pengelolaannya langsung oleh BUMDes, setelah mendapat rekomendasi (izin) dari BPOM, hingga layak dikonsumsi dan sehati.

Menurutnya, setelah air diolah dengan mesin bisa menghasilkan 4 jenis air dengan berbagai manfaatnya, di antaranya ph 9,5 untuk air minum sehari-hari, ph 11,5 air terapi penyakit kronis dan obat tetes mata, ph 2,5 sampai ph 6 bermanfaat untuk kesehatan wajah. “Diharapkan dengan adanya Kangen Water Tali Kahuripan ini bisa meningkatkan kesehatan, pendapatan dan pemberdayaan masyarakat desa, selain dibutuhkan doro­ngan dari pihak-pihak terkait untuk membantu usaha yang dikembangkan BUMDes Desa Citali, karena hal ini menjadi salah satu amanat Undang – undang Desa,” tutur Nana. (E-010)***