Hal Sebel tapi Tingkatkan Saldo Tabungan

44

MENABUNG memang menjadi salah satu kegiatan positif yang wajib dilakukan. Dengan adanya tabungan, Anda bisa menggunakan tabungan untuk keperluan-keperluan mendadak dan sangat penting. Dengan begitu, Anda tak perlu mencari uang terlebih dahulu untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Adanya tabungan, juga bisa menjamin masa depan menjadi lebih baik. Terlebih, saat menjelang masa pensiun. Namun, menabung bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi Anda yang sama sekali belum terbiasa.

Tetapi, sadarkah Anda ada beberapa hal yang tak terduga yang ternyata dapat membuat saldo tabungan meningkat. Berikut ini, beberapa penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Berakhirnya hubungan asmara

Berakhirnya sebuah hubungan asmara, tentunya tak ingin dialami setiap orang. Terlebih, jika hubungan tersebut sudah terjalin cukup lama, tentu akan terasa menyakitkan.

Anda tak bisa berjalan berdua, atau pun saling berbagi satu sama lain. Meksipun terasa menyakitkan, nyatanya putus cinta juga akan membuat dampak yang positif dalam diri. Terlebih, dalam hal keuangan dan tabungan Anda.

Saat mengalami putus cinta, tentu saja Anda tak perlu menyisihkan uang untuk jalan, atau pun pergi ke tempat-tempat wisata dengan pasangan. Dengan demikian, anggaran tersebut dapat Anda alihkan menjadi tabungan yang nantinya bermanfaat untuk Anda.

Dampaknya, saldo tabungan Anda akan terus bertambah dan tak terbuang begitu saja. Malah Anda bisa jadikan hal tersebut sebagai motivasi, agar tak terlalu bersedih.

  1. Tak jadi berlibur

Bagi Anda yang jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan setiap harinya, tentunya berlibur menjadi hal yang paling diinginkan. Anda pun tak akan menyia-nyiakan waktu liburan yang memang menjadi milik Anda. Biasanya banyak karyawan yang mengambil cuti pada hari biasa agar bisa menikmati liburan.

Namun, mengambil cuti untuk berlibur tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika kantor Anda sedang sibuk-sibuknya, sehingga atasan tidak memperbolehkan Anda cuti. Tentu saja, hal ini membuat Anda kesal, karena harus menunggu waktu yang lebih lama lagi agar dapat berlibur.

Padahal, anggaran liburan sudah dipersiapkan dan segala rencana sudah matang. Tetapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk Anda berkecil hati.

Anda bisa menggunakan anggaran tersebut untuk ditabung terlebih dahulu sambil mempersiapkan liburan nanti yang lebih baik. Atau, Anda juga bisa menggunakan anggaran tersebut untuk keperluan lainnya yang lebih penting sambil menunggu waktu yang tepat untuk berlibur.

  1. Batal nonton konser

Menonton konser, tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih, kalau konser tersebut menghadirkan penyanyi, atau band kesayangan. Bahkan, menonton konser sendiri sudah menjadi salah satu gaya hidup anak muda saat ini.

Meskipun harga tiketnya cukup mahal, mereka rela untuk menabung sedari dini. Yang terpenting adalah bisa melihat idola kesayangan dari jarak dekat.

Menonton konser juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk refreshing diri. Tetapi, bagaimana seandainya Anda kehabisan tiket konser? Tentunya, Anda akan merasa sedih.

Apalagi Anda sudah menabung uang untuk tiket dari lama. Jangan jadikan ini sebagai alasan untuk patah semangat. Anda bisa menganggap hal ini sebagai peluang untuk menabung.

  1. Barang yang diinginkan habis terjual

Pastinya Anda punya keinginan membeli sesuatu, tetapi harganya sangat mahal. Karena itu, mau tidak mau Anda harus menabung terlebih dahulu agar bisa mendapatkan barang tersebut.

Tetapi, bagaimana jika Anda sudah menabung, namun barang yang diinginkan sudah habis terjual? Tentunya hal ini akan sangat mengecewakan. Namun, daripada bersedih, Anda bisa menabungkan uang tersebut, sehingga nantinya bisa dibelikan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Tanamkan kebiasaan menabung sedari dini. Kegiatan menabung, tentu akan sangat memberikan dampak positif bagi kehidupan, terutama bagi keuangan Anda. Untuk itu, pentingnya untuk menanamkan sedari dini kebiasaan menabung agar kondisi finansial menjadi lebih stabil. (C-003/asp)***