Diselain Moci, Geco Jadi Kuliner Unik dari Sukabumi

52

Kota beriklim sejuk ini sangat terkenal sebagai penghasil moci, penganan kolaborasi masyarakat China dan warga lokal Sukabumi. Selain moci , kuliner legendaris dari Sukabumi adalah bubur Ayam Bunut hingga bandros Ata yang melegenda. Perjalanan saya  ke Sukabumi untuk mencoba penganan unik di kota ini, yakni  kuliner  dengan sebutan Geco (toge dan tauco).Tauco merupakan jenis makanan hasil fermentasi kacang kedelai,makanan ini merupakan kuliner khas  Cianjur,namun saat ini selain di Cianjur makanan ini bisa ditemukan di Bogor dan Sukabumi.

             Geco bisa didapatkan di seantero Kota Sukabumi, dijajakan para pedagang pada pagi hari. Kuliner ini bisa jadi  menu sarapan.Perburuan informasi mengenai Geco mendorong saya untuk menuju kawasan Jalan Sudirman. Berdasar  informasi di lokasi ini terdapat penjual Geco yang cukup laris.Benar saja penjual Geco disini  ramai dengan pembeli,sekilas penganan ini mirip dengan toge goreng di Kota Bogor.Namun untuk rasanya harus dibuktikan dahulu apakah sama dengan toge goreng atau berbeda.

            Tidak membuang waktu saya segera memesan satu porsi ,komposisi Geco terdiri dari tauge,mie kuning rebus,ketupat,kerupuk serta saus tauco.Uniknya tauge serta mie di rebus pada sebuah wadah datar dengan arang sebagai bahan bakar untuk merebusnya.Ketika Geco telah tersedia di atas meja segera saya santap, ternyata rasanya agak beda dengan toge goreng.Geco  dengan saus tauconya terasa sangat kuat,perpaduan berbagai komposisi bahan serta kuah saus tauco menciptakan citarasa unik dan lezat. Satu porsinya Rp 8.000 ,cukup murah dan mengenyangkan perut.

            Para penjual Geco jarang berjualan hingga sore hari,sesudah duhur biasanya dagangan telah habis.Selain mengenyangkan, Geco sangat kaya kandungan gizi . Dari kuliner ini terdapat karbohidrat serta protein ,  vitamin yang terdapat pada tauge.Kuliner unik ini tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu ikon kuliner Sukabumi selain moci,para pelancong yang berkunjung selalu menyempatkan diri untuk menyantapnya.Menurut beberapa pelancong yang saya temui,  rata- rata mereka penasaran dengan citarasa Geco yang unik. (E-001) ***